Setelah 11 Bulan, Makam Mantan Bupati Berau Dipindahkan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Setelah 11 bulan dimakamkan di TPU Km 15 Karang Joang, Balikpapan Utara, jenazah mantan Bupati Berau Muharram akhirnya digali kembali untuk di bawa pulang ke Berau dan di makamkan disana, hal ini dibenarkan Ketua Tim Pemakaman Covid-19 Fajar Sulaiman, jika pelaksanaan pemindahan jenazah dilakukan pada Minggu pagi (1/8/2021) sekira pukul 05.30 wita.

Ia mengaku pelaksanaan pemindahan makam mantan Bupati Berau itu memang dilaksanakan tidak ramai hanya dihadiri oleh pihak keluarga almarhum dan beberapa petugas pemakaman, tak kurang dari satu jam proses penggalian makam.

“Seingat saya yang hadir disana ada istri dan anak almarhum,” ujar Fajar Sulaiman saat dikonfirmasi Inibalikpapan.com, Jumat (6/8/2021).

Dalam prosesi penggalian makam para petugas juga dilengkapi dengan memakai APD terutama baju hazmat, meski sudah dimakamkan selama 11 bulan lebih.

“Sesuai prosedur kita pakai APD lengkap, dan dilakukan dengan cara digali manual,” katanya.

Fajar menceritakan dalam proses penggalian manual itu juga dilakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak peti jenazah, setelah menggali beberapa meter peti jenazah pun terlihat, secara perlahan peti dibuka dan akan dipindahkan ke peti yang baru.

“Memang kita pindahkan ke peti yang baru, karena kondisi peti lama mulai rusak dan kotor akibat tanah lempung,” akunya.

Dikatakan Fajar dalam pemindahan jenazah ke peti yang baru, tidak ada kejanggalan kondisi jenazah almarhum terlihat masih utuh di dalam kantong jenazah, bahkan tidak ada tercium aroma-aroma yang aneh dan menyengat layaknya jenazah yang sudah lama dikubur.

“Jenazahnya masih bagus, padahal sudah terkubur selama 11 bulan masih utuh semuanya,” kata Fajar.

Pembongkaran dan pemindahan makam mereka yang terpapar Covid-19 tentunya tidak bisa sembarangan, beberapa ketentuan harus dilakukan oleh ahli waris keluarha almarhum, seperti mendapat persetujuan Dari Satgas Covid-19 Kota Balikpapan.

Baca juga ini :  Ditlantas Polda Kaltim Bagikan Takjil Gratis Bagi Pengguna Jalan

“Harus ada izinnya, baru kami di lapangan yang bertugas memindahkan, itupun penggali kuburnya juga harus siap mental, karena beda antara menggali makam baru dengan menggali makam yang sudah ada jenazahnya,” terangnya.

Selama bertugas setahun lebih di TPU Km 15, Fajar mengaku hingga kini sudah ada dua jenazah yang dipindahkan dari TPU Km 15, salah satunya ya mantan Bupati Berau.

“Ada dua mas dan itu juga sudah dapat izin dari Satgas Kota,” tutup pria ramah ini.

Diketahui jenazah almarhum mantan Bupati Berau tersebut saat ini sudah dimakamkan kembali di pemakaman pahlawan Bujangga Berau pada Senin (2/8/2021).

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.