Pembangunan listrik masuk desa terus dikebut di Kaltim

Tahun Ini 23 Desa di Kaltim Bakal Terang Benderang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Selain akan menerangi 19 Desa di Krayan Kabupaten Nunukatan, Kalimantan Utara (Kaltara), proyek listrik pedesaan juga tengah digenjot di Kaltim.

Pada tahun 2021, PLN menargetkan terdapat 33 lokasi proyek listrik desa di Kaltim yang terdiri dari 30 desa baru dan 3 desa lama yang siap menyala dengan potensi hingga 5.400 pelanggan.

Desa tersebut meliputi 8 desa di Kabupaten Berau, 4 desa di Kabupaten Kutai Timur, 10 desa di Kabupaten Kutai Barat, 10 desa di Kabupaten Paser, dan 1 desa di Kabupaten Mahakam Hulu.

Sampai dengan bulan April 2021, sudah 10 desa telah dialiri listrik, dengan 1.924 pelanggan. Biaya investasi yang dikeluarkan ntuk menghadirkan listrik ke desa mencapai Rp 61 miliar atau sekitar Rp 31 juta per pelanggan.

Sementara untuk 23 desa lainnya saat ini tengah dilakukan proses pengerjaan dan ditargetkan menyala sebelum pergantian tahun 2022.

“Kami akan terus berupaya mewujudkan listrik yang berkeadilan hingga ke seluruh pelosok Indonesia,” ujar Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan, Wiluyo Kusdwiharto

”Upaya percepatan penyelesaian program listrik desa terus kami genjot untuk meningkatkan laju rasio desa berlistrik mencapai 100% di tahun 2024 nanti.”

Comments

comments

Baca juga ini :  Rata-rata Desa di Kaltim Masih Sangat Tertinggal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.