Capres nomor urut satu, Anies Baswedan (kiri) bersalaman dengan Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto saat debat Capres-Cawapres kelima di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/4/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

TikTok Jadi Medan Pertempuran Suara Terbesar di Internet, Prabowo Diminta Waspadai Anies


BALIKPAPAN, inibalikpapan.com– Pengamat media sosial sekaligus pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, mewanti-wanti tim calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, untuk memperhatikan langkah calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan, jika Anies lolos ke putaran kedua pemilihan presiden (Pilpres).

Ismail mengatakan bahwa Anies memiliki potensi untuk melampaui popularitas Prabowo di platform TikTok karena akan memiliki empat bulan sebelum putaran kedua Pilpres untuk mengejar ketertinggalan.

“Jika terjadi putaran kedua Pilpres dan Anies masuk, ini bisa menjadi kekhawatiran bagi tim Prabowo karena akan ada empat bulan lagi untuk mengejar ketertinggalan,” kata Ismail melalui akun Twitter-nya, dikutip pada Jumat (9/2/2024).

Ismail mencapai kesimpulan ini setelah melakukan penelitian tentang popularitas masing-masing calon presiden di TikTok dalam satu tahun terakhir, termasuk Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden nomor urut 03.

Menurutnya, Prabowo dan Ganjar bersaing dalam kategori jumlah video terbanyak di TikTok, dengan Ganjar memiliki sedikit lebih banyak unggahan daripada Prabowo, yaitu masing-masing sebanyak 96 ribu dan 95 ribu video.

“Prabowo dan Ganjar sebenarnya memiliki jumlah unggahan video yang hampir sama, dengan Ganjar sedikit lebih banyak (96 ribu vs 95 ribu unggahan). Namun secara keseluruhan, Ganjar jauh lebih banyak, yakni 120 ribu vs 103 ribu,” ungkapnya.

Namun, performa Ganjar di TikTok telah jauh tertinggal dari Prabowo dalam beberapa bulan terakhir, di mana total penonton TikTok Prabowo lebih besar daripada Ganjar.

“Ismail mengungkapkan bahwa total penonton TikTok Prabowo jauh lebih besar, yakni 2 miliar vs 1 miliar, meskipun jumlah tampilan keseluruhan sama, yaitu 2 miliar,” lanjutnya.

Melejitnya Nama Anies

Anies awalnya merupakan calon presiden yang paling terlambat aktif di TikTok. Dalam setahun terakhir, konten tentang Anies hanya mencapai 17 ribu video.

Baca juga ini :  Jakarta Tak Lagi Jadi Ibu Kota Negara, Anies Sebut Peluang Jadi Peta Global Dunia

Ismail menambahkan bahwa total tampilan Anies di TikTok hanya 248 juta, berbeda jauh dengan Prabowo yang memiliki 2 miliar penonton dan Ganjar 1 miliar.

Meskipun demikian, Anies tampaknya mulai aktif di TikTok sejak akhir Desember. Ismail menganggap bahwa peningkatan jumlah video dan keterlibatan Anies disebabkan oleh capres tersebut melakukan siaran langsung di TikTok.

Lebih lanjut, Ismail menyimpulkan bahwa TikTok adalah medan perang bagi para calon presiden dalam Pilpres 2024. Ini karena jumlah pengguna TikTok di Indonesia lebih banyak daripada pengguna Twitter.

“Pengguna TikTok di Indonesia saat ini lebih dari 106 juta, sedangkan pengguna Twitter kurang dari 20 juta. Jadi, TikTok adalah medan pertempuran terbesar dibandingkan Twitter untuk Pilpres 2024,” tandasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.