Protokol Kesehatan, jaga jarak

Transisi Menuju Endemi, Pemerintah Longgarkan Aturan Pembatasan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah mulai melonggarkan aturan pembatasan dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker di ruang terbuka, bagian dari transisi menuju endemi.

Kebijakkan itu bahkan disampaikan langsung Presiden Joko Widodo. Kepala Negara menyatalan, bahwa langkah itu sebagai awal transisi menuju endemi..

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan, transisi dari pandemi menuju endemi adalah bagaimana pemahaman masyarakat terkait perilaku hidup sehat yang bertanggungjawab masing-masing individu.

​​“Belajar dari sejarah pandemi yang pernah terjadi di dunia, transisi menuju endemi dilakukan saat masyarakat sudah mulai menyadari bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan yang sehat pada diri dan keluarga. Dan hal tersebut memerlukan edukasi dan penerapan secara bertahap,” ujarnya.

Pelonggaran juga dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan situasi Covid-19 di dunia. Karena, berdasarkan pengamatan Kemenkes masyarakat Indonesia sudah memiliki daya tahan terhadap varian baru yang saat lagi beredar.

Secara praktis dan realitanya dibuktikan dengan kasus di Indonesia yang cenderung menurun dan relatif lebih kecil untuk varian yang sama dibandingkan negara-negara lain seperti China, Taiwan, dan Amerika Serikat

Ada sejumlah pengecualian yang mengharuskan seseorang memakai masker, antara lain berkegiatan di ruangan tertutup dan di transportasi public.

Masker masih diwajibkan untuk populasi rentan (lansia, memiliki penyakit komorbid, ibu hamil, dan anak yang belum divaksin), dan bagi mereka yang bergejala seperti batuk, pilek, dan demam.

“Kelompok tersebut masih diwajibkan memakai masker untuk melindungi diri dari penularan. Kemudian untuk yang bergejala batuk-batuk, bersin-bersin sebaiknya tetap menggunakan masker,” tutur Menkes.

Pemerintah juga melonggarkan aturan perjalanan dalam negeri dan luar negeri. Bagi pelaku perjalanan yang sudah divaksin lengkap tidak perlu melakukan pemeriksaan PCR atau antigen.

Baca juga ini :  Kunjungi Kaltim, KSAD Disambut Tradisi Tepung Tawar

“Inilah dua keputusan penting yang merupakan langkah awal untuk transisi dari pandemi menjadi endemi,” ucap Menkes Budi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.