Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi didampingi Gugus Tugas saat mengumumkan kasus covid-19

Update 17 Juni 2020 : Bertambah 4 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 2 Kasus Sembuh

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Balikpapan kembali bertambah. Hal itu disampaikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi didampingi Gugus Tugas dalam konfrensi pers, Rabu (17/06).

“Pasien terkonfirmasi positif bertambah 4 orang, kemudian ada 2 kasus yang hasilnya laboratoriumnya negatif 2 kali berturut-turut, berarti ada 2 pasien covid-19 kita yang sembuh hari ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, dengan bertambahnya 2 kasus positif baru, maka juga yang terkonfirmasi positif covid-19 menjadi 110 kasus. “Yang masih dirawat 39 orang, yang sembuh 68 orang dan yang meninggal itu ada 3 orang

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, kasus baru positif tersebut yakni BPN 107 wanita berusia 30 tahun, KTP Balikpapan, merupakan mahasiswa program S2datang ke Balikpapan untuk menjengguk orangtua sedang sakit

“Kemarin akan kembali ke tempat kuliahnya . Untuk memenuhi syarat penerbangan melakukan pemeriksaan PCR dan ditemukan hasil ternyata positif,” ujarnya

Lalu BPN 108 berusia  47 tahun merupakan kontak erat dengan BPN 101 yang baru diumumkan positif covid-19, pada Selasa (16/06) kemarin. “Berarti ini adalah kasus transmisi lokal dan merupakan suami istri,” ujarnya.

Kemudian BPN 109 berusia 35 tahun KTP Balikpapan. Namun kasus ini baru pertama terjadi di Kota Balikpapan. Karena sebelumnya positif covid-19 sewaktu di Arab Saudi dan telah dinyatakan setelah menjalani perawatan.

“Ini agak unik baru pertama kita temukan kasus ini karena beliau bekerja di Arab 3 tahun, kemudian disana terkonfirmasi positif covid-19, jadi sudah dirawat di Arab dinyatakan sembuh,” ujarnya.

“Kemudian terjadi pengurangan kegiatan di perusahaan kembali ke Indonesia saat akan berangkat PCR negatif, tiba di Balikpapan sebelum bertemu keluarga memang disarankan dokter disana untuk control di Balikpapan dan saat control ditemukan hasil positif kembali,”

Baca juga ini :  Desain Balikpapan akan Lebih Modern, Menyesuikan Slogan Kota Maju

“Ini kasus pertama di Balikpapan yang sudah sembuh tapi ditemukan kembali positif dan mudah-mudahan dalam perawatan di rumah sakit Pertamina Balikpapan bisa sembuh total,”

Terakhir, BPN 110 usia 37 tahun KTP Balikpapan karyawan perusahaan  supiler alat tambang  yang akan ke lokasi. “Jadi akan membawa alat ke lokasi tambang disyaratkan untuk tes PCR dan ditemukan konfirmasi positif,” ujarnya.

Sedangkan 2 kasus sembuh dan telah diperbolehkan meninggalkan rumah sakit setelah hasil pemeriksaan laboratorium uji swab 2 kali negatif, diantaranya BPN 61. “Sehingga boleh pulang ke rumah, “ ujarnya.

Pasien kedua  sembuh yakni dengan kode BPN 78 dari RS Pertamina Balikpapan yang dirawat sejak 6 Juni merupakan OTG dari pekerja tambang akan masuk ke lokasi tambang.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.