Wiku Adisasmito

Vaksin Merah Putih Masuk Tahap Uji Pra-Klinis

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Vaksin Merah Putih kini sudah memasuki uji pra-klinis untuk disuntikkan ke hewan besar. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito

Dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan, untuk uji pra-klinis ke hewan kecil sudah dilakukan oleh peneliti Universitas Airlangga Surabaya. Setelah itu baru kemudian ke hewan besar.

Wiku juga menegaskan bahwa Vaksin Merah Putih yang merupakan Vaksin buatan anak negeri tetap menjadi bagian dari program vaksinasi pemerintah, bukan program vaksinasi mandiri atau gotong royong.

“Vaksin Merah Putih buatan Universitas Airlangga Surabaya kini memasuki uji pra-klinis pada hewan besar, setelah uji klinis kepada hewan berhasil dilanjutkan uji klinis yaitu penyuntikan kepada relawan,” kata Wiku dalam jumpa pers virtual, Selasa (18/5/2021).

“Vaksin Merah Putih akan tetap masuk ke dalam program pemerintah,” katanya menegaskan.

Vaksin Merah Putih dikembangkan oleh enam lembaga penelitian yang tergabung dalam konsorsium vaksin nasional yang dibentuk pada 9 September 2020 lalu.

Keenam lembaga tersebut antara lain Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Institute Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Airlangga.

Vaksin Merah Putih ditargetkan bisa mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization pada Juni 2022.

Dalam jadwal yang diusulkan PT Bio Farma, EUA baru bisa keluar pada November 2022, namun pihaknya akan melakukan akselerasi penelitian sehingga bisa lebih cepat dua sampai tiga bulan.

sumber : suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Personil TMMD Kodim 0903 Jalin Silahturahmi dan Berbagi Informasi Soal Cara Berternak dengan Warga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.