Pedagang Pasar Klandasan saat menerima suntikkan pertama vaksin covid-19

Vaksin Sinovac Dianggap Efektif Lawan Varian Baru Covid-19

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Vaksin Covid-19 Produsen Sinovac dianggap efektik melawan varian baru covid-19 asal Inggris B117. Hal itu disampaikan Juru Bicara Covid-19 Wiku Adisasmito

“Pemerintah memastikan vaksin covid-19 yang saat ini digunakan di Indonesia masih efektif dalam melawan mutasi covid-19 asal Inggris B117,” ujar Wiku dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

“Oleh karena itu kami meminta masyarakat tidak perlu khawatir terkait dampak masuknya varian covid-19 B117 terhadap efikasi vaksin,”

Namun dia meminta masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas sebagai benteng utama.

Sementara Ketua Tim Riset Uji Klinis Covid-19 Sinovac dari Universitas Padjadjaran Kusnandi Rusmil menuturkan, hingga saat ini penelitian efektivitas Sinovac di Indonesia belum selesai sehingga belum bisa diketahui apakah efektif melawan mutasi B117.

“Penelitiannya juga belum selesai, sinovac masih diteliti sampai sekarang, nanti akhir tahun baru saya tahu seberapa efektifitasnya,” ujarnya

Meski begitu, dia menegaskan vaksinasi Covid-19 dengan menggunakan vaksin Sinovac tetap harus dilakukan di Indonesia meski mutasi B117 sudah terdeteksi.

Diketahui, dua kasus virus strain B117 asal Inggris sudah masuk ke Indonesia sejak akhir Januari dibawa oleh dua TKI asal Karawang, Jawa Barat yang baru pulang dari Arab Saudi berinisial M (40) 28 Januari dan A (45) 31 Januari 2021.

Baca juga ini :  Kasus Positif Varian Baru Covid-19 Sempat Terdeteksi di Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.