Home / iniFLASH / Pemkot Balikpapan dan KKP Buka Ruang Konsultasi Virus Corona
Andi Sri Julianti

Pemkot Balikpapan dan KKP Buka Ruang Konsultasi Virus Corona

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Semakin merebaknya virus corona di sejumlah negara Asia, rupanya membuat sebagai warga Kota Balikpapan mulai khawatir. Kekhawatirran itu karena mereka memiliki keluarga ataupun karyawan yang sedang berada di negara yang kini telah masuk virus corona.

Karenanya untuk membuat warga Kota Balikpapan tenang, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kini membuka ruang konsultasi virus corona. Warga Kota Balikpapan yang ingin bertanya dipersilahkan langsung ke Kantor Dinas Kesehatan maupun KKP.

“Dengan banyaknya pertanyaan masyarakat dan untuk menenangkan masyarakat terutama yang keluarganya atau mungkin pegawai-pegawainya saat ini sedang ada di area-area dimana ada kasus virus corona ini,” ujarnya.

“Jadi kita mencoba berpikir dengan mengajak Pak Kristanto (Plh) KKP Balikpapan bagaimana kita membuka ruang konsultasi jadi mereka gak bingung harus kemana. Jadi ke KKP bisa bertanya kesitu atau ke Dinas Kesewhatan Kota Balikpapan,”

Menurutnya, banyak yang mempertanyakan jika keluarga atau karyawan mereka kembali. Langkah-langkah yang harus dilakukan. Jika kemungkinan keluarga atau karyawan mereka telah terjangkit virus mematikan itu.  

“Mereka kemarin sudah muncul pertanyaan  ini bagiamana jika mereka pulang. Kami harap kedua tempat ini saja untuk konsultasi awal jika memang ada keluarga atau staf bekerja yang kembali dari sana,” ujarnya

“Kemarin ada yang bertanya, tetapi tentunya disana kan sedang terisolasi jadi kita tidak tahu kapan ya. Saya kira dari sana juga akan ketat pemeriksaanya untuk keluar. Yang boleh keluar itu, yang boleh kembali ke negara-negaranya, saya kira akan diperiksa lebih ketat,”

Sementara untuk mereka yang sudah terlanjur memasan tiket untuk melakukan perjalanan wisata khususnya ke negara yang sudah terjangkit virus corona. Dia mewanti-wanti agar tetap waspada. Melindungi diri dari virus corona.

“Kalau yang sudah persiapannya kayak tadi (mau traveling) kalau mungkin sudah lengkap ada visa dan lainnya , tetapi mereka harus paham, paling gak untuk perlindungan diri sendiri, perlindungan kelompok, perlindungan kru, karena alat angkut juga harus aman,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, sudah menjadi tugas Dinas Kesehatan maupun KKP untuk terus melakukajn sosialisasi dan memastikan warga Kota Balikpapan ataupun pendatang dalam kondisi yang sehat dan tak tertular virus corona.

“Makanya kenapa dari KKP mengundang hari ini banyak sosialisasi. Ini kan pengembangan tupoksi kami kerja, kami memang tupoksinya memberikan KIE terkait masalah ini komunikasi informasi edukasi ke masyarakat,” ujarnya

“Cuma mungkin biar lebih jelas lagi kemananya, yaitu kami mengarahkan nya ke KKP atau Dinas kesehatan Kota Balikpapan Ya tentunya terkait tupoksi kami, pengembangan dari tupoksi kami sendiri,”

Dia juga meminta masyarakat Kota Balikpapan tetap tenang. Karena hingga kini belum virus tersebut belum masuk ke Kota Balikpapan. termasuk belum ada pendatang yang terdeteksi terjangkit virus yang telah merengut puluhan jiwa itu.

“Masysrakat harus tenang, karena sampai saat ini belum ada kasus. Kalau dari pedomen Kementerian Kesehatan kan telah menerbitkan  pedoman, ini dinamakan orang dalam pemantauan atau orang dalam pengawasan itu belum ada di Balikpapan,” ujarnya

“Jadi dengan data ini kami harap masyarakat bisa tenang dan tentu saja kami, petugas-petugas ini akan meningkatkan upaya deteksi kami.”

Comments

comments

About glen

Check Also

Rekan Seprofesinya Divonis 2 Tahun, Puluhan Notaris Melakukan Aksi Damai

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Puluhan notaris Balikpapan melakukan aksi damai di depan pengadilan Negeri Balikpapan, Pengurus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.