Penangkaran Rusa Sambar / ist

15 Ekor Rusa Sambar Bakal Dipindakan ke Kawasan Perkantoran Bupati PPU

PENAJAM, Inibalikpapan.com – Kawasan Perkantoran Bupati Penajam Paser Utara (PPU) bakal jadi destinasi baru wisata. Karena bakal jadi kawasan konservasi untuk relokasi Rusa Sambar.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim telah meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU untuk segera membuat penangkaran sehingga bisa direlokasi Rusa Sambar.

“Biar kabupaten jadi destinasi. Kantor bupati bisa jadi studi bandingnya, supaya kami dapat income juga,” ujar Penjabat Bupati PPU PPU Makmur Marbun dikutip inibalikpapan.

Sebanyak 15 ekor rusa sambar yang ada di UPTD Pembibitan dan Inseminasi Buatan Desa Api-Api Kecamatan Penajam akan dipimdahkan ke Kawasan Perkantoran Bupati PPU.

Pemkab PPU telah mengajukan permohonan untuk relokasi belasan rusa sambar ke Pemprov Kaltim. Karena merupakan milik milik Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim

Sehingga nantinya, kawasan Perkantoran Bupati PPU akan seperti kawasan Istana Bogor. “Di Istana Bogor kan rusa totol, kalau disini rusa langka, Rusa Sambar,” ujarnya

Marbun menjelaskan saat ini pihaknya sudah mengerjakan pembuatan pagar di sekitar kawasan Perkantoran Bupati PPU untuk relokasi rusa sambar yang targetnya bulan ini.

“Desember ini kita sudah jalan. Target kami sekitar Januari selesai dan 15 ekor rusa tahap pertama bisa direlokasikan,” ujarnya

Pemindahan akan dilakukan secara bertahap. Karena kapasitas UPTD rusa sambar Api-Api hanya mampu menampung 100 ekor, sedangkan populasinya saat ini sudah mencapai 217 ekor.

“Bertahap kita kurangi jumlah disana, sambil kita mencarikan tempat yang layak dan ideal untuk pemeliharaannya,” ujar Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik

Comments

comments

Baca juga ini :  Presiden Jokowi Gelar Rapat Terbatas Bahas Penyanderaan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.