Home / iniFLASH / Aktivitas Kembali Normal, Protokol Kesehatan Diperketat
Pemeriksaan suhu tubuh di bandara Sepinggan Balikpapan

Aktivitas Kembali Normal, Protokol Kesehatan Diperketat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Aktivitas perekonomian, pendidikan maupun kebudayaan di Kota Balikpapan dalam waktu dekat akan kembali normal. Setelah  Pemerintah Kota Balikpapan akan menerapkan program new normal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, ketika penerapan aktivitas nomal, maka ada protokol kesehatan ketat yang akan diterapkan sebagai langkah pencegahan penularan covid-19, sesuai instruksi Pemerintah Pusat.

“Ada 2 surat keputusan Menteri Kesehatan yang terbaru yaitu 0107 tentang bagaimana kita memulai beraktivitas kembali disektor perkantoran dan industtri,” katanya.

“Kemudian yang (surat keputusan) 0207 itu tentang bagaimana kewaspadaan saat kita bekerja kembali di sektor perdagangan,” sambungnya.

Menurutnya, dalam 2 surat keputusan Menteri Kesehatan tersebut, telah diatur secara teknis  protokol kesehatan untuk masing-masing bidang usaha.

“Jadi semua secara teknis sudah diatur disitu dan kami sudah memperbanyak untuk mengirimkan ke sektor-sektor terkait,” tandasnya.

Kata dia, nantinya akan ada pengawasan ketat dari Tim Gugus Tugas gabungan untuk mengawasi dan kepatuhan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan, seperti kewajiban penggunaan masker dan pemeriksaan suhu tubuh.  

“Pengawasan di lapangan tetap Gugus Tugas Terpadu kerja tim bahwa bagaimana semua tetap harus memakai masker. Untuk pemberi jasa tetap dianjurkan semua mengukur suhu tubuh, menyediakan fasilitas cuci tangan,” ujarnya.

“Yang saya lihat soal physical distancingnya , seperti tadi kami mohon ditempat-tempat rumah makan tetap mengatur, kalau pun ada tempat duduk untuk menunggu, karena diutamakan take away. Dalam keputusan Menteri Kesehatan masih tetap mengutamakan tidak makan ditempat, take away.”jelasnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Juli ini Perwali Covid-19 Selesai, Memuat Sejumlah Sanksi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Masa relaksasi atau fase 3 penanganan covid-19 di Balikpapan akan  segera diperkuat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.