ke Balai Rehabilitasi Tanah Merah (Bareta) yang terletak di Jalan Poros Samarinda – Bontang.

Balai Rehabilitasi Bareta Kaltim Rawat 66 Pecandu Narkoba

SAMBOJA, Inibalikpapan.com – Memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2020, Gubernur Kaltim Isran Noor bersama Wakil Gubernur Hadi Mulyadi berkunjung ke Balai Rehabilitasi Tanah Merah (Bareta) yang terletak di Jalan Poros Samarinda – Bontang.

Dikutip dari akun resmi Instagram Pemerintah Provinsi Kaltim, dalam kunjungan tersebut, Gubernur dan Wakil Gubernur disambut Kepala BNN Provinsi Kaltim Brigjen Pol Iman Sumantri didampingi Kepala Balai Rehabilitasi BNN Tanah Merah Dokter Bina Ampera Bukit.

Dalam kesempatan itu Gubernur mengapresiasi fasilitas yang ada di balai rehabilitasi Bareta yang saat ini merawat 66 pecandu narkoba. Bahkan bukan saja menyembuhkan dari ketergantungan dari kecanduan narkoba tapi juga di didik dan diberikan keterampilan.

“Bagus ini. Fasilitasnya mengalahi hotel. Dan 66 orang yang direhabilitasi benar-benar dibina dan disembuhkan,” ujar Isran Noor.

“Itu tadi, sudah ada yang mau dipulangkan. Mereka selain disembuh dari sakitnya, juga dididik dan dilatih keterampilan dan kemampuan usaha. Ini upaya yang luar biasa,”.

Isran menambahkan, di Indonesia ahanya ada 3 Balai Rehabilitasi pecandu narkoba, selain Bareta yang merupakan milik BNN Provinsi Kaltim, juga Balai Rehabilitasi Lido di Bogor Jawa Barat dan Baddoka di Sulawesi Selatan.

Gubernur dan Wakil Gubernur juga sempat melihat  ruang tindakan utama pasien baru datang, ruang tindakan UGD sekaligus meninjau hasil karya/kreatifitas kerajinan tangan, hasil olahan makanan dan budidaya tanaman klien Bareta serta Bareta Bird Farm.

Termasuk ruang rehabulitasi Female (ruang rehabilitasi wanita) dan Adolescent (ruang rahabilitasi remaja) serta ruang rehabilitasi dewasa selesai menjalani masa rehabilitasi (re-entry), tempat budidaya lebah madu Kelulut dan kandang budidaya ayam Kalkun.

Baca juga ini :  Update 1 September 2020 : Bertambah 35 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 2 Kasus Meniggal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.