Alwiati

Besok, Balikpapan Launching Vaksinasi untuk Ibu Hamil

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan akan melaunching vaksinasi bagi ibu hamil di Gedung BSSC Dome pada Rabu (01/09/2021).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Alwiati mengatakan, rencananya sebanyak 2.500 dosis yang disediakan dan dibuka langsung Wali Kota Rahmad Mas’ud.

“Vaksinasi ibu hamil kita akan launching besok, bukan hari ini. Dibuka langsung oleh Bapak Wali Kota sasaran kita sekitar 2.500,” ujarnya kepada awak media, Selasa (31/08/2021)

“Ibu hamil dari seluruh kelurahan akan kita bawa kesini (Dome) untuk diilaksanakan vaksinasi,”

Ibu hamil adalah salah satu target sasaran prioritas program vaksinasi COVID-19 untuk menekan angka risiko penularan, bahkan kematian akibat COVID-19 pada ibu hamil.

Hal ini ditetapkan Kementerian Kesehatan melalui Surat Edaran No. HK.02.01/I/ 2007/2021 tentang Vaksinasi Covid 19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19

Syarat yang harus dipenuhi adalah usia kandungan > 13 minggu atau antara 13-33 minggu, memiliki tekanan darah normal, tidak punya gejala atau keluhan pre eklampsia, dan tidak sedang menjalani pengobatan dan jika memiliki komorbid harus dalam kondisi terkontrol.

Ibu hamil bisa melakukan registrasi vaksinasi di tempat layanan vaksin atau faskes yang ditunjuk oleh pemerintah. Vaksin yang diperbolehkan untuk ibu hamil adalah Sinovac, Moderna, Pfizer sesuai ketersediaan.

Perlindungan bagi seorang ibu hamil mutlak kita upayakan. Tidak ada alasan untuk menunda vaksin, apabila memang sudah memenuhi syarat dan vaksinnya tersedia.

Comments

comments

Baca juga ini :  Update 31 Maret 2021 : Tembus 15.035 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 13.969 Pasien Sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.