BPJS Ketenagakerjaan Salurkan BSU Kepada 14.500 Pekerja Terdampak Pandemi di Balikpapan

BALIKPAPAN,Inibalikpapam.com – Guna membantu meringankan beban para peserta yang terdampak dari adanya pandemi Covid-19 dan PPKM level 4, BPJS Ketenagakerjaan melakukan pra penyerahan simbolis bantuan subsidi upah (BSU) bagi pekerja buruh, salah satunya dilaksanakan di Kota Balikpapan, Jumat (13/8/2021) di Jatra Hotel.

Dalam kegiatan itu, BPJamsostek Kalimantan mengundang 10 penerima BSU dari Kementerian Tenaga Kerja RI dan dihadiri Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Balikpapan Ani Mufidah.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan wilayah Kalimantan Rini Suryani mengatakan sebagai informasi kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kalimantan untuk penyerahan bacht BSU secara nasional terbanyak ada di Kota Balikpapan dengan jumlah 14.500 penerima.

“Saat ini dana BSU sudah masuk dalam rekening pekerja, hal ini wujud kepedulian pemerintah terhadap mereka yang terdampak covid-19,” ujar Rini.

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan dalam waktu dekat juga akan melaksanakan kegiatan vaksinasi bersama, yang mana BPJS ketenagakerjaan membantu akomodasi berupa vitamain, konsumsi, dan vaksin gratis bagi masyarakat Balikpapan.

“Kami tentu berharap hal ini bisa jadi kontribusi BPJS Ketenagakerjaan dalam membantu masyarakat khususnya di kota Balikpapan,” kata Rini.

Rini menambahkan, untuk kepersetaan BPJS ketenagakerjaan dari angkatakan kerja di Kota Balikpapan yang saat ini terdaftar nencapai 50 persen dari total pekerja yang ada di Balikpapan, yang diharapkan angkanya bisa meningkat lagi, mengingat manfaat akan BPJS ketenagakerjaan yang cukup banyak.

“Dengan gabung BPJS Ketenagakerjaan kita bisa meminimalisir biaya yang dikeluarkan dalam risiko kecelakan kerja, kematian, hari tua dan jaminan kehilangan pekerjaan,” ujarnya.

BPJS Ketenagakerjaan juga memberi apresiasi kepada Pemkot Balikpapan bahwa saat ini 7.200 non ASN sudah 100 persen terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dan mungkin bisa berkembang ke pengurus RT, pengurus rumah ibadah untuk masuk ke program BPJS ketenagakerjaan.

Baca juga ini :  Mola TV Tayangkan Live Ekslusif Dua Liga Sepak Bola Terbesar di Dunia

“Sebagai informasi juga untuk klaim kecelakan kerja, biaya perawatan yang diberikan unlimited, begitu juga untuk beasiswa juga diberikan kepada dua orang anak dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi jika mengalami kecelakaan kerja besar,” tutup Rini.

Pemilik Usaha Laundry Rumahan di Balikpapan, Tri Nunu laundry menyampaikan rasa syukurnya karena karyawan yang berjumlah beberapa orang saja mendapatkan BSU.

“Deg-degkan saya. Alhamdulillah puji syukur saya ucapkan terimakasih pada pemerintah dan BPJS Ketenagakerjaan atas BSU ini. Mudah-mudahan bermanfaat buat karyawan saya. Kami juga berharap corona ini cepat selesai biar lancar lagi usaha laundry saya ini,” tuturnya saat menyampaikan testimoninya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.