Embarkasi Haji Batakan Balikpapan tak lagi digunakan untuk pasien covid-19

Embarkasi Haji Tambah 150 Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Melonjaknya kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Balikpapan membuat Pemerintah Kota (Pemkot) harus terus menambah tempat tidur untuk pasien covid-19. Bukan hanya di rumah sakit tapi juga tempat isolasi yang disedikan untuk pasien dengan riwayat orang tanpa gejala (OTG).

Salah satunya Embarkasi Haji Batakan yang selama ini telah difungsikan untuk merawat pasien positif dengan riwayat OTG. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, telah mendapatkan persetujuan dari Gubernur Kaltim.

“Sudah disetujui juga Bapak Gubernur Embarkasi Haji akan kita tambah 150 tempat tidur,” ujar Rizal Effendi.

Dia mengatakan, Balikpapan membutuhkan tambahan tempat tidur untuk merawat pasien covid-19 karena angkanya terus meningkat. “Kira-kira dua minggu penambahan ini untuk persiapan ini penambahan,” ujarnya.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan ini menuturkan,  juga telah meminta meminta Gubernur menambah tempat tidur perawatan maupun tempat tidur ICU pasien covid-19 di rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo

“Tadi sudah disetujui Bapak Gubernur ICU nya akan ditambah di RSKD, kemudian kita mengusulkan juga RSUD Beriman dan RS Tentara,” ujarnya.

Sebelumnya juga telah meminta dukungan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk menambah ruangan ICU maupun fasilitas pendukung untuk pasien positif covid-19 di rumah sakit Pertamina.

Karena tempat tidur ruang ICU yang tersedia kini hanya tersisa satu khusus dewasa dari 38 tempat tidur dari 11 rumah sakit yang menangani pasien covid-19. Bahkan tempat tidur ICU untuk anak maupun bayi telah penuh

“Pertamina, kita minta dukungan dari Pak Ahok agar memerintahkan Direktur RS Medika Pertamina selain untuk menambah ruang ICU juga alat-alatnya, jadi tadi kita minta 11 ventilator ,” ujarnya.

Baca juga ini :  Update 5 Februari 2021 : Bertambah 150 Kasus Positif Baru Covid-19 di Balikpapan, 11 Kasus Kematian

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengungkapkan, Rumah Sakit Bhayangkara juga telah menambah 10 tempat tidur sehingga seluruhnya ada 502 tempat tidur pasien covid-19 di 11 rumah sakit

“Jumlah kamar tempat tidur meningkat lagi, ada penambahan 10 tempat tidur dari rumah sakit Bhayangkara 10 tempat tidur, terima kasih. Saat ini yang terisi 424 tempat tidur dan masih sisa 69 tempat tidur,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.