HUT Kota, Pemkot Sediakan 5120 Bibit Cabai

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah kota menyediakan 5120 bibit cabai dalam rangka HUT kota dan Pemecahan rekor MURI.

Sesuai dengan tema tahun ini mengenai cabai, Wali Kota Rizal Effendi mengatakan program penyediaan bibit cabai penting untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam menanam cabai di halaman rumah atau pekarangan.

Diharapkan dengan program ini dapat menekan harga cabai.

“Saya kira penting mengingat cabe jadi masalah nasional bahkan kemarin sampai Rp 100.000. Jadi mendingan ini betul-betul di masyarakatkan tanam cabe,” katanya usai Upacara HUT kota di lapangan Merdeka kemarin.

Disamping itu pemkot lanjut Rizal menyiapkan program 1 juta bibit yang akan diberikan masing-masing pengurus RT dan sekolah serta masyarakat.
Sehingga masyarakat tidak lagi bergantung pada cabai di pasaran yang harganya mahal.

“Kita akan menyiapkan bibit cabe sekitar 1 juta dalam beberapa bulan ini kepada beberapa RT, sekolah dan masyarakat. Supaya nanti menjelang idul fitri mereka tidak lagi tergantung cabe di pasar yang cukup mahal sehingga merugikan masyarakat dan terbebani,” terangnya.
Program ini tidak lepas dari kerja sama pemerintah kota dan Bank Indonesia Balikpapan yang juga tergabung pada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).
“Jadi ini kita memulai bersama bank indonesia yang mengawal kita. Itulah yang melatar belakangi kenapa trma HUT kota Balikpapan tahun ini Lombok,” ujarnya.

Pada program penyediaan 5120 bibit cabai, dijual kepada masyarakat dengan harga Rp 5000 hingga Rp15000 permohonan.

” Kita libatkan anak-anak sekolah menawarkan bibit cabai pada upacara HUT kota. Dana penjualan bibit cabai ini diberikan untuk anggaran HUT kota,” kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Yosmianto (10/2/2017).

Bibit cabai ini tambah Yosmianto hasil penyemaian yang dilakukan anggota di Balai penyuluhan pertanian di Balikpapan Utara, Timur dan Kantor DPKP. ” Juga melibatkan kelompok tani Balikpapan,” tukasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.