Gebyar UMKM Balikpapan 2022

Iwan Wahyudi : Gebyar UMKM, Dorong Kolaborasi dan Ekonomi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Gebyar UMKM yang diselenggarakan Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian diisi dengan Dialog bertema “Digitalisasi Bisnis Dalam Society 5.0 Untuk Menghadapi Tahun 2023”.

Sejumlah Nara sumber dihadirkan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman diantaranya: Ketua HIPMI Balikpapan Iwan Wahyudi, dari kalangan pengusaha yakni Gatot Koco, Glenn Nirwan dan Sulthan dari Bidfish.

Ketua HIPMI yang juga anggota DPRD Kota Balikpapan Iwan Wahyudi mengungkapkan, UMKM di Kota Balikpapan terus tumbuh dan semakin berkembang.

Dia mengatakan keberadaan UMKM membuat roda ekonomi di Kota Balikpapan perlahan bangkit, dari ketepurukan, pasca pandemi COVID-19 yang nyaris “melumpuhkan”.

“Pelaku UMKM terus tumbuh di Kota Balikpapan sebagai pahlawan ekonomi. Mereka adalah pahlawan di bidang ekonomi” ujarnya dalam Gebyar UMKM 2022, Minggu (13/11/2022)

Menurutnya, untuk semakin menggeliatkan UMKM, harus berkolaborasi salah satunya dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Hingga akan berdampak positif.

“Dengan berkolaborasi dengan teman-eman HIPMI, kita akan sama-sama memberikan dampak yang positif bagi ekonomi di Balikpapan. Akan saling menguatkan,” ujarnya.

“Bersama dengan HIPMI kita terus berkolaborasi untuk terus memberikan penguatan kepada pelaku UMK sehingga para pelaku UMKM ini mereka yang memiliki spirit yang luar biasa,”

HIPMI juga diharapkan, bisa memberikan pendampingan, sehingga para pelaku UMKM di Balikpapan akan semakin kompetitif. Bukan hanya merebut pasar local, nasional hingga internasional.

“Terlebih saat ini Balikpapan jadi pintu gerbang pembangunan IKN, penyangga IKNSehingga mau tidak mau, suka tidak suka kita sebagai tuan rumah harus benar-benar meningkatkan kapasitas dan kualitas kita,” jelasnya.

“Sehingga kedepan pelaku ekonomi tidak lagi hanya menjadi penonton tapi mampu beperan aktif,”

Kata dia, peningkatan sumber daya manusia (SDM) sangat penting bagi pelaku-pelaku UMK. Semangat kolaborasi harus terus dijaga, bukan hanya dengan HIPMI namun juga lainnya.

Baca juga ini :  Penerima Vaksin di Luar Negeri Bisa Ajukan Vaksin Booster

“Kita tidak mungkin bersaing kalua tidak memiliki daya kompetitif yang kuat. Oleh karena itu kemampuan kompetitif itu bisa dibangun dengan semangat kolaborasi,” ujarnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.