Kapolres Resmikan Kampung Tangguh Arjuna di Lamaru

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Selain mengajak masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan (prokes) dalam upaya mencegah menularan dan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) merupakan hal yang penting. Namun mengajak masyarakat untuk mampu mengatasi krisis ekonomi dan pangan akibat terjadinya pandemi Covid-19, juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya.

Karena itu, melalui pembentukan Kampung Tangguh Nusantara Arjuna RT 13 Lamaru, Polresta Balikpapan mengajak masyarakat Balikpapan, tidak hanya menerapkan prokes namun juga memberdayakan masyarakat agar mampu bertahan dan mengatasi krisis pangan dan ekonomi di tengah hantaman pandemi Covid-19.

Demikian diungkapkan Kapolres Balikpapan, Kombes Pol Turmudi usai launching Kampung Tangguh Arjuna yang berada di kelurahan Lamaru Balikpapan Timur, Minggu (11/4/2021).

“Sebagaimana petunjuk dan arahan dari pimpinan, bapak Kapolri dan Kapolda, bahwa jajaran polri wajib terlibat langsung dalam upaya penanggulangan Covid-19, serta dampak yang ditimbulkannya,” ujar Turmudi.

“Untuk itu melalui kampung tangguh, masyarakat secara swadaya tidak hanya mampu mengamankan dirinya sendiri dari penularan Covid-19 dengan cara mematuhi protokol kesehatan, namun juga mampu bertahan dan mengatasi krisis ekonomi dan pangan yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19 ini,” tambahnya.

Lanjut Turmudi, launching Kampung Tangguh Arjuna yang dilaksanakan di Lamaru ini, menambah Kampung tanggung yang ada di Balikpapan menjadi lima yakni kampung tangguh di Sumber Rejo, Batu Ampar, Klandasan Ilir, Kariangau.

Dirinya berharap, akan ada kampung-kampung tangguh lainnya di Kota Balikpapan yang mampu bertahan mengahadapi hantaman pandemi Covid-19. “Pengawasan dan pembinaan kampung tangguh ini tidak hanya melibatkan anggota Bhabinkamtibmas dan masyarakat setempat, namun juga melibatkan stakeholder terkait. Seperti Koramil melalui petugas Babinsa, pemerintahan kecamatan dan aparat kelurahan setempat,” sebut Turmudi.

Baca juga ini :  Tahun Baru Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Fokus Pada Kerumunan

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyebut jika Pemerintah Kota sangat mengapresiasi tinggi dengan pencanangan program Kampung Tangguh yang digagas Polresta Balikpapan.

Rizal juga berharap dengan keberadaan kampung tangguh maka masyarakat bisa bertahan dalam menghadapi krisis ekonomi dan pangan selama menjalani pandemi Covid-19, hingga pasca pandemi.

“Hari ini kita melaunching kembali program kampung tangguh. Melalui program ini maka masyarakat agar mampu bertahan di tengah keterbatasan yang ada akibat pandemi Covid-19, dengan memberdayakan segala potensi yang ada, baik dari potensi pertanian, perkebunan dan perikanan,” jelasnya.

“Saya berharap, program kampung tangguh ini bisa dilakukan berkesinambungan dan hadir di seluruh wilayah Balikpapan,” tutup Rizal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.