Program Langit Biru, Pertamina Siapkan Enam SPBU di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Setelah menerapkan di Kota Pontianak dan Mempawah, Program Langit Biru (PLB) juga mulai dilaksanakan di Kota Balikpapan sejak Minggu(21/3). Executive General Manager Regional Kalimantan Freddy Anwar dan jajarannya mengunjungi salah satu SPBU yang berpartisipasi pada program PLB , SPBU 6176103 Jalan MT Haryono. Turut hadir pula Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi dan jajarannya di lokasi yang sama untuk meninjau pelaksanaan.

Program Langit Biru ini adalah program edukasi kepada masyarakat yang masih menggunakan Bahan Bakar Premium dengan Research Octane Number (RON) 88 terutama untuk pengendara roda dua, roda tiga, dan taxi plat kuning untuk untuk beralih menggunakan bahan bakar berkualitas yang beroktan lebih tinggi yaitu minimal Pertalite (RON 90).

Freddy Anwar ditemui di lokasi SPBU menjelaskan, bahwa Pertamina melaksanakan program ini sebagai komitmen untuk menurunkan polusi udara sejalan dengan upaya pemerintah untuk menjadikan udara lebih bersih dan nyaman.

“Program Langit Biru di Kalimantan sendiri baru dilaksanakan di Pontianak dan Mempawah pada 14 Maret lalu dan hari ini serempak di tiga kota sekaligus yaitu di Balikpapan, Samarinda, dan Sampit dimulai program Pertalite Harga Khusus hingga enam bulan kedepan,” ujar Freddy Anwar kepada awak media, Minggu (21/3/2021).

Dikatakan Freddy, konsumen yang berhak menikmati promo ini dapat membeli Pertalite dengan harga khusus yaitu seharga Premium Rp 6.450/liter dimana telah disediakan jalur khusus pada SPBU yang berpartisipasi.

Ia menambahkan bahwa Indonesia menjadi salah satu dari tujuh negara di dunia yang memasarkan BBM dengan oktan dibawah standar dunia yaitu Premium. Di mana pada manual book yang ada pada kendaraan di atas tahun 2010 sudah menetapkan bahwa BBM standar yang dapat digunakan di atas Oktan 90.

Baca juga ini :  Permalukan Persis Solo, Persiba Tinggalkan Zona Degradasi

“Selain itu, premium membuat pembakaran mesin tidak sempurna sehingga emisi gas buang menjadi lebih besar dibandingkan penggunaan bahan bakar lainnya seperti Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo,” jelasnya.

Di Kota Balikpapan terdapat 6 (enam) SPBU yang melayani promo tersebut yaitu di SPBU 6176101 Karang Anyar, 6176103 MT Haryono, 6476115 Jalur Lintas Balikpapan-Samarinda KM 9, 6476105 Kebun Sayur, 6476107 Stal Kuda, 6476117 Gunung Guntur, sedangkan total ada 22 SPBU di Kaltim yang melayani promo ini.

“Program Langit Biru ini akan dievaluasi secara berkala setiap dua bulan sekaligus bahan evaluasi mengenai efektivitas program, tidak menutup kemungkinan jika sekarang baru enam SPBU di Balikpapan, kedepannya bisa bertambah lagi jumlahnya,” akunya.

“Harapannya, program ini dapat memberikan pengalaman kepada konsumen bahwa penggunaan bahan bakar berkualitas membuat performa mesin lebih baik dan kendaraan berumur lebih panjang,” tambahnya Freddy.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi saat hadir di lokasi pelaksanaan PLB memberikan keterangan bahwa program ini sesuai dengan program pemerintah Kota Balikpapan untuk membuat langit menjadi lebih biru, udara bersih, dan nyaman.

“Kami mendukung sepenuhnya Pertamina untuk mengimplementasikan program promo Pertalite Harga Khusus, agar masyarakat di Kota Balikpapan kerap dapat mengetahui dan sadar mana kualitas BBM yang lebih baik,” ungkap Rizal.

Sebagai Kota Layak Huni, Pemerintah Kota Balikpapan juga telah mengarahkan kepada Dishub dan Organda untuk mengimbau angkutan umum untuk dapat mengganti Bahan Bakarnya dengan yang lebih berkualitas.

Rizal menambahkan bahwa sesuai dengan standar kualitas dunia, bahwa lingkungan yang bersih adalah daratannya, buminya, dan lautannya yang bersih. Melalui Program Langit Biru, hal ini bisa mendukung upaya kita untuk menuju hal tersebut.

Baca juga ini :  Diduga dari Oli Bekas, Pemkot dan Pertamina Action Cepat Tangani Limbah di Pantai Melawai

“Pemerintah Kota Balikpapan juga telah mengeluarkan Surat Dukungan Program Langit Biru di Kota Balikpapan nomor 538/0222/Eko pada (4/3) dimana disampaikan sesuai moto green, clean, healthy dan sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas udara dan lingkungan di Kota Balikpapan, Pemerintah Kota Balikpapan memberikan dukungan pada penyelenggaraan PLB di Kota Balikpapan,” jelas Rizal.

Ditegaskan pula pada poin berikutnya bahwa Pemerintah Kota Balikpapan berharap agar pada pelaksanaan PLB ini, Pertalite Harga Khusus dapat dinikmati untuk pengguna kendaraan roda 2 dan 3, serta angkutan umum dan taksi plat kuning.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.