Razia tim gabungan terkait penegakkan disiplin protokol kesehatan di Kota Balikpapan

Kasus Covid-19 Banyak Didominasi Usia Muda, Jam Malam Kembali Diperketat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan kembali akan mengetatkan jam malam, khususnya café, warung kopi, rumah makan, angkringan maupun yang biasa menjadi tempat kumpul-kumpul anak muda.

Hal itu karena belakangan justru rata-rata kasus positif baru harian covid-19 didominasi usia muda atau produktif. Wali Kota Rizal Effendi bahkan menyatakan, jam malam dikurangi dari sebelumnya 23.00 Wita menjadi 22.00 Wita.

“Makanya kita pengetatan nih jam malamnya akan kita majukan jam 10 (malam) kembali. Kemudian akan kita perketat di café-café dan tempat penjualan makanan malam, warung kopi” ujar Rizal, Kamis (29/04/2021).

Menurutnya, dari pantauan di lapangan terlihat, masyarakat mulai lalai dalam protocol kesehatan (prokes). “Sehingga perlu diingatkan kembali. Karena sangat longgar kita lihat di lapangannya, kita ketatkan lagi,” tegasnya. 

“Kecenderungannya yang muda lebih longgar karena merasa lebih sehat. Ada beberapa kasus harian jumlah yang usia muda lebih banyak dari yang tua,”ucapnya.

Kata dia, kasus baru positif covid-19 hari ini juga lebih didominasi usia muda, dari balita hingga usia 40-an tahun. “Ada beberapa kasus harian covid-19 jumlah yang usia muda lebih banyak dari yang tua,” ujarnya.

Sementara dari laporan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menyebutkan, ada penambahan 29 kasus positif hari ini dengan 1 pasien yang dilaporkan meninggal dunia.

“Hari ini kita terkonfirmasi positif 29 kasus, dan yang sembuh 39 pasien,” ujar Andi Sri Juliarty, Kamis (29/04/2021)

Dia mengatakan, 1 pasien meninggal dunia yakni perempuan usia 68 tahun di rumah sakit Knudjoso Djatiwibowo. “Meninggalnya 24 April kemarin, tapi hasil swab PCR baru keluar, hasilnya terkonfirmasi positif,” terangnya. 

Dia menambahkan, kasus positif baru hari ini lebih banyak didominasi usia muda atau produktif. Bahkan ada balita maupun anak sekolah. Terbanyak justru klaster keluarga yakni ibu rumah tangga maupun karyawan perusahaan. 

Baca juga ini :  Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan Masih Fluktuatif

“Ada usia 1 tahun, belasan tahun, 19 tahun, 30-an tahun, 40-an tahun. Rata-rata usia muda, yang 60-an tahun cuma 1 orang,” ungkapnya. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.