Protokol Kesehatan, jaga jarak

Kasus COVID-19 Melonjak, DPR Dorong Pemberlakuan Prokes 5M dan Vaksinasi

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Melonjaknya kasus COVID-19, membuat DPR RI kemudian mengingatkan Pemerintah agar segera mengambil langkah-langkah.

Hal itu disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani. Dia meminta Pemerintah mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus COVID, karena akan memasuki libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

“Sebentar lagi kita akan memasuki libur Natal dan tahun baru yang memungkinkan terjadinya mobilititas tinggi masyarakat,” ujarnya dikutip inibalikpapan.

“Pemerintah harus menyiapkan langkah-langkah antisipasi yang tepat agar kenaikan pasien Covid-19 bisa ditekan dan tidak menimbulkan lonjakan kasus,”

Seperti, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melaporkan peningkatan kasus positif COVID-19 dalam sepekan terakhir. Pada periode 27 November sampai 3 Desember 2023, jumlah kasus positif COVID-19 naik 30 hingga 40 persen.

Politisi PDIP itu pun mendesak agar Pemerintah tidak lengah dan segera mengambil langkah sigap yang dapat memitigasi penyebaran virus COVID-19.

“Meskipun dari laporan tidak ada kenaikan BOR di rumah-rumah sakit, tapi Pemerintah harus waspada. Saya juga mendorong Pemerintah tetap menyiapkan layanan kesehatan agar selalu siap saat menghadapi skenario terburuk,” ucapnya.

“Ini diperlukan sebagai langkah antisipasi dalam melindungi masyarakat secara optimal. Jangan sampai kita kecolongan, kita tidak ingin kembali seperti saat awal pandemi COVID-19 dulu,”

Menurutnya, langkah mitigasi penyebaran virus juga bisa dilakukan dengan tindakan testing, pelacakan kontak, dan isolasi. Termasuk sosialisasi pencegahan penularan ke masyarakat.

Testing harus dilakukan secara masif dengan tracing kontak dan active case finding untuk mengidentifikasi dan mengisolasi kasus secara cepat. Berikan juga edukasi yang baik kepada masyarakat untuk mewaspadai penyebaran virus,” ujarnya

“Di tengah mobilitas masyarakat yang tinggi, Pemerintah pusat dan daerah harus menyiapkan langkah-langkah yang akurat. Termasuk merespons cepat lonjakan kasus COVID-19 agar penanganan dapat berjalan efektif,”

Baca juga ini :  PLN Targetkan 100 Persen Elektrifikasi Kaltara Pada 2021

Dia mengingatkan Pemerintah untuk menggalakkan kembali imbauan protokol kesehatan (prokes) 5M kepada masyarakat yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

“Dengan kerja bersama yang baik, diharapkan upaya ini dapat mengantisipasi penyebaran COVD-19 dan menjaga kesehatan masyarakat secara maksimal,” ucapnya.

Puan pun mendorong untuk memastikan program vaksinasi COVID-19 diperluas dan diintensifkan sebagai prioritas utama. Ia menyebut, ketersediaan vaksin Inavac yang gratis harus dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat.

“Pemerintah harus memastikan, masyarakat mendapat edukasi bahwa Vaksinasi Inavac bisa diakses secara gratis di Puskesmas, baik untuk kebutuhan vaksinasi dosis satu hingga empat,” terang Puan.

“Saya juga mengimbau vaksinasi COVID-19 bagi anak semakin digencarkan kembali sehingga anak-anak kita semakin terlindungi dari penyebaran virus.”

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.