Kebutuhan Penerbangan Haji, Pertamina Tambah Avtur Hingga 131 Persen

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Pada 29 Juli calon jamaah haji mulai berangkat, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI Kalimantan memasok tambahan avtur dengan total 2.347 KL atau meningkat 131% untuk kebutuhan maskapai dalam penerbangan haji baik pergi dan pulang di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Jumlah itu meningkat drastis, apabila dibandingkan tambahan pasokan tahun 2016 sebesar 1.017 KL sebab ada perbedaan penggunaan jenis pesawat haji.

Memastikan kesiapan dan distribusi BBM berjalan lancar bagi pesawat haji di Balikpapan, Pertamina melakukan pengecakan di Depot Pengisian Pesawat Udara di Bandara Sepinggan, Kamis siang.

Senior Vice President Non Fuel Marketing PT Pertamina (Persero), B Trikora Putra, didampingi GM Marketing Operation Region VI, Yanuar Budi Hartanto mendapatkan penjelasan petugas Depot Pengisian Pesawat Udara Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Trikora juga menyempatkan berbincang sejenak demag pwtugas lapangan.

Dia memastikan hasil pengecekan ini bahwa seluruh petugas siap melayani kebutuhan bahan bakar avtur selama pelaksnaan keberangkatan perdana Jemaah Haji Embarkasi Balikpapan 2017 yang direncanakan di tanggal 29 Juli 2017.

Melihat kesiapan ini pihaknya berharap semua bisa berjalan lancar.

“Kami sangat optimis bahwa penerbangan haji akan lancar. Semua sudah diperhitungkan dengan matang. Jemaah haji bisa pergi dan pulang denga selamat,” kata Trikora Putra.

Pada kesempatan sama, Area Manager Communication and Relation Pertamina Kalimantan Alicia Irzanova menuturkan peningkatan pasokan itu untuk mengantisipasi terhadap perubahan pesawat yang digunakan untuk mengangkut Jemaah Haji. Dimana pada tahun lalu menggunakan pesawat Airbus 330 berkapasitas 315 seat, sementara di tahun ini menggunakan pesawat boeing – 747 berkapasitas 455 seat.

“Perbedaan jenis pesawat, sehingga kita antisipasi dengan tambahan pasokan BBM agar pemberangkatan dan kepulangan lancar,” ucapnya Kamis, (27/7/2017).

Baca juga ini :  Rahmad Mas’ud : Dinamika Dalam Politik Jangan Terlalu Baper

Dijelaskannya, tambahan pasokan avtur tersebut terbagi menjadi dua fase yaitu fase satu atau fase keberangkatan sebanyak 595 KL dan fase dua atau fase kepulangan sebanyak 1.752 KL. DPPU Sepinggan akan melayani total 13 kloter selama musim haji 2017.

DPPU (Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara) Sepinggan Balikpapan secara regular, memiliki konsumsi avtur sebesar 380 KL setiap hari.

“Dengan adanya penerbangan haji, estimasi konsumsi avtur fase satu atau fase keberangkatan akan mencapai 426 KL/hari. Sedangkan fase dua atau fase kepulangan mencapai 515 KL/hari,” sebutnya.

Untuk diketahui, saat ini Pertamina DPPU Sepinggan melayani lebih dari 20 maskapai penerbangan (komersial dan non komersial) antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Sriwijaya, Batik Air, Wings Air, Kalstar Aviation, Tri MG, Hevlift, Nusantara Air Charter, Airborn, TNI AU, Ditjen Hubud, dan lain-lain.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.