Andi Sri Juliarty

Klaster Keluarga Menonjol, Satgas Minta Orangtua Ajarkan Anak Prokes

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan melaporkan, penambahan 23 kasus positif baru hari ini. Sehingga secara akumulatif berjumlah 17.014 kasus sejak awal pandemic.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, dari 23 kasus positif baru itu mendominasi klaster keluarga yakni ibu rumah tangga  maupun anak-anak.

“Hari ini yang menonjol kasus ibu-bu rumah tanggal bersama anak,” ujarnya, Sabtu (05/06/2021).

Selain klaster keluarga, pegawai perusahaan swasta juga masih masih yang tertinggi. Sehingga penerapan protocol kesehatan (prokes) di perkantoran atau tempat kerja menjadi kewajiban untuk mencegah penularan covid-19.

“Dari total kasus covid-19 di Balikpapan dilihat dari jenis pekerjaannya maka kasus pada ibu rumah tangga menempati posisi terbanyak kedua, setelah kasus pekerja swasta,” ujarnya

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan itu juga meminta orangtua mulai mengajarkan anak-anak diatas usia dua tahun dalam penerapan prokes agar tak terpapar.

“Demikian juga anak-anak diatas usia dua tahun sudah mulai bisa diajarkan memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun,” ujarnya

Dari 23 kasus positif baru itu, sebanyak 14 kasus dengan riwayat suspek, sebanyak 8 kasus dengan  riwayat tracing kontak erat dan 1 kasus dengan riwayat orang tanpa gejala (OTG).

Sementara pasien sembuh atau selesai isolasi bertambah 27 kasus, seluruhnya selesai isolasi. Sehingga seluruhnya jumlah pasien sembuh sebanyak 16.036 kasus.

Adapun pasien yang masih menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 144 kasus dan sebanyak 236 pasien menjalani isolasi mandiri.

“Tidak terdapat penambahan kasus positif covid-19 meninggal dunia,” demikian pernyataan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan.

Comments

comments

Baca juga ini :  Update 11 Juni 2020 : Bertambah 3 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, Klaster Keluarga dan Pekerja Migas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.