DPRD Balikpapan saat menggelar RDP

Komisi III Desak Pemkot Segera Tuntaskan Serah Terima Fasum dan Fasos Perumahan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan menargetkan tahun ini seluruhpengembang perumahan sudah menyerahkan fasilitas umum (fasum) maupun fasilitas(fasos).

“Secepatnya. Paling tidak harus selesai tahun ini karena sebagian besar perumahan belum menyerahkan fasilitas umum dan fasilitas sosialnya ke pemerintah kota,” ujar Anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan Andi Arif Agung.

Pasalnya kata dia, saat Komisi III menggelar sidak maupun saat menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan warga maupun instasi rata-rata pengembang belum memnyerahkan fasum dan fasos.

“Biar terdeteksi, mana fasum, mana fasos dan yang mana untuk perumahan. Tidak menjadi satu,” ujarnya.

Namun dia mengingatkan, fasum dan fasos yang dserahkan ke Pemerintah Kota harus dalam kondisi yang baik. Sehingga tidak harus mengeluarkan anggaran untuk memperbaiki.

“Kalau fasum dan fasosnya rusak, kan tidak layak untuk diserahkan ke Pemerintah Kota,” ujarnya.

“Akhirnya ketika ada keluhan masyarakat, misal jalan atau bozem rusak, ya untuk memperbaikinya juga agak sulit karena masih milik pengembang.”

Dia juga mengimbau masyarakat agar segera melaporkan ke Pemerintah Kota jika ditemukan kejanggalan dalam sebuah pembangunan kawasan perumahan. Sehingga bisa ditindaklanjuti.

“Kalau lembaga dinas tidak bisa menuntaskan persoalan ini, ya ganti saja kepala dinasnya. Karena kan persoalan seperti ini terus berulang, nggak selesai-selesai. Padahal ada peraturannya,” ujarnya.

Baca juga ini :  Perusahaan Malaysia Siap Investasikan Rp 25 Triliun di Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.