Jenderal Andika Perkasa / suara.com

Komnas HAM Respon Positif Kebijakan Panglima Jenderal Andika Perkasa, Keturunan PKI Bisa Daftar Prajurit TNI

JAKRTA, Inibalikpapan.com – Komnas HAM merespon positif kebijakkan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang membolehkan keturunan atau anak cucu anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) mendaftar sebagai calon prajurit TNI.

Komnas HAM bahkan menyatakan, mendukung kebijakkan tersebut. Karena penerimaan calon prajurit TNIsudah seharusnya bisa lepas dari apapun latar belakangnya.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan, negara harus bergerak lebih maju dengan memberikan kesetaraan, kesempatan kepada semua warga yang telah memenuhi syarat.

“Negara harus terus bergerak maju dengan memberikan kesetaraan kesempatan kepada semua warga negara yang memenuhi syarat, lepas dari apapun latar belakang agama, suku, orang tua atau keturunan maupun latar belakang sosial yang dimiliki,” kata Beka saat dihubungi, Kamis (31/3/2022).

Sementara dari perspektif korban dan keluarga korban, kebijakan yang dikeluarkan Andika itu dianggap sebagai bagian dari pemulihan hak dan keluarga korban terutama hak bebas dari stigma dan diskriminasi.

“Sudah saatnya kita bersama menghapus stigma dan diskriminasi yang acap kali membangkitkan trauma dan meminggirkan mereka secara sosial maupun pemerintahan,” tuturnya.

Dia pun menilai kalau kebijakan tersebut semestinya bisa diterapkan juga di institusi maupun lembaga yang masih menerapkan cara-cara lama.

“Setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan,” ujarnya.

suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Ada 14 Jenis Flora dan 15 Jenis Fauna di Hutan Mangrove Margomulyo Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.