Obyek wisata pantai Manggar

Libur Panjang Nasional, Obyek Wisata Balikpapan Tetap Buka

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan memastikan libur panjang nasional obyek wisata tetap buka meski saat ini tengah pandemi covid-19. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Zulkifli.

“Tadi kan ada pembahasan antisipasi meningkatnya jumlah pengunjung pariwisata pada masa liburan.” ujarnya, Senin (26/10).

“Yang pertama tadi kesepakatan tetap dibuka. Jadi pariwisata kita tetap dibuka untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat kita untuk berlibur,”

Menurutnya, untuk pengawasan di lapangan khususnya penerapan protokol kesehatan Satpol PP juga bakal dikerahkan. “Selain petugas internal dari Dinas Pariwisata juga nanti akan ditambah dari beberapa petugas Satpol PP,” ujarnya.

Termasuk juga memaksimalkan relawan dari PMI maupun Duta Wisata untuk melakukan pengawasan. “Dan tadi ada saran dari Bu Dio memanfaatkan semacam relawan bis PMI, bisa Duta Wisata nanti kita gabung bersama,” ujarnya,

Kepala DDinas Kesehatan Kota (DKK) Andi Sri Juliarty akan memberikan pembekalan kepada petugas maupun relawan yang akan mengawasi protokol kesehatan. Pengunjung juga tetap dibatasi maksimal 50 persen dari jumlah kapasitas.

“Tapi terlebih dahulu diberi pembekalan dulu dari Dinas Kesehatan Bu Dio, tetap maskimal jumlahnya 50 persen dari kapsistas, Tapi kan 50 persen besar kalau dari jumlah Manggar,” ujarnya.

Kata dia, Wali Kota Rizal Effendi meminta petugas agar bersikap tegas, jika jumlah pengunjung telah 50 persen. “Makanya arahan Pak Wali Kota tadi tetap petugas harus berani menahan kalau jumlah pengunjung sudah 50 persen,” ujarnya.

“Tetap didalam kawasan ada yang mengawasi soal penggunaan masker, saat mereka berkumpul, saat mereka berkumpul tetap ada yang ingatkan,”

Para pedagang juga ditata dan diminta untuk mematuhi protokol kesehatan. Harapannya tak ada yang melanggar protokol kesehatan. Libur panjang nasional berkaitan Maulid Nabi mulai 28-30 Oktober 2020 pekan ini.

Baca juga ini :  Bakal Terjunkan 300 Personil untuk Penertiban, Ini Wilayah yang Dilarang Berjualan

“Sama semua pedagang juga ditata, jadi petugas yang di dalam itu selama ini konsen pengamanan, disamping pengamanan kan juga protokol kesehatan. Mudah-mudahan lancar semua tidak ada masalah,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.