Petugas SPBU KM 13 melayani sopir truk mengisi solar subsidi (1/4/2022). Foto Pertamina Patra Niaga

Mayoritas Pemilih Parpol dan Presiden Tak Tahu BBM di Subsidi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, mayoritas pemilih partai politik (parpol) tak tahu BBM di subsidi.

Dari hasil survei, tertinggi pemilih PPP yang mencapai 79 persen, lalu Golkar 72 persen. Gerindra 71 persen, PAN 66 persen, PDIP dan PKS 63 persen.

Lalu pemilih Demokrat juga sekitar 59 persen, PKB 58 persen dan Nasdem 50 persen.  Bukan hanya pemilih parpol, pemilih presiden juga tak tahu BBM di subsidi.

Hasil survei tersebut tentu sangat mengejutkan. Apalagi ditengah arus digital yang semakin kencang dengan keberadaan media sosial (medos) dan media online.

Hal survei itu dibeberkan SMRC bertajuk “Subsidi BBM di Mata Pemilih Partai” melalui kanal YouTube SMRC TV, Sabtu (10/9/2022).

“Sama dengan massa pemilih partai, mayoritas pendukung calon presiden juga tidak tahu bahwa harga BBM disubsidi pemerintah,” kata founder SMRC, Saiful Mujani saat memaparkan hasil survei

“Itu agak mengherankan buat saya karena dugaan saya masyarakat tahu, karena beli bensin ke tempat penjualan bensin dan tidak sadar harga itu tidak sesuai dengan harga pasar yang sesungguhnya,”

Survei dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022. Populasi survei ini warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden. Response rate sebesar 1053 atau 86 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Tahun ini TMMD Digelar 4 Lokasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.