Tenaga Kesehatan merawat pasien covid-19

Pasien Covid-19 yang Dirawat di RS Hari Ini Sekitar 23,86 Persen

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyebutkan, data pasien Covid-19 hari ini (08/02/2022) yang dirawat di rumah sakit sekitar 23,86 persen.

Jumlah ini bahkan lebih rendah dari data Senin (07/02/2022) kemarin, yang mencapai 24,77 persen. Imbauan agar pasien tanpa gejala atau gejala ringan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah atau isolasi terpusat menjadi sebab jumlah yang dirata rendah.

“Hari ini dari data rumah sakit yang kami terima secara nasional per pukul 15.30 WIB, jumlahnya lebih sedikit dari data rumah sakit sehari sebelumnya,” ujarnya

“Kami perkirakan dengan mengimbau pasien tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan untuk isolasi mandiri dan isolasi terpusat mengurangi hingga 70 persen beban rumah sakit,”

Sementara itu juga tercatat bahwa 356 pasien meninggal, 42 persen memiliki komorbid. Lalu 44 persen dari korban meninggal adalah lansia dan sebagian besar korban (69%) belum divaksinasi lengkap.

Melihat data tersebut, sangat efektif apabila pelayanan di rumah sakit difokuskan untuk merawat pasien dengan kondisi yang paling membutuhkan.

Diketahui pula bahwa gejala Omicron sebagian besar relatif lebih ringan dari gejala varian Delta sebelumnya. Kemungkinan besar menurut diagnosa para ahli memperkirakan karena vaksinasi di Indonesia sudah cukup tinggi.

“Vaksinasi memberikan manfaat besar untuk mencegah pasien dirawat di rumah sakit dengan gejala sedang sampai berat. Melengkapi vaksinasi Covid-19 memiliki sisi positif yang jauh lebih besar dan bermanfaat bagi masyarakat,” pesan. Nadia.

Comments

comments

Baca juga ini :  Update 14 Agustus 2022 : Bertambah 32 Kasus Aktif COVID-19 di Kaltim, 56 Pasien Sembuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.