Home / covid-19 / Pasien Sembuh Covid-19 di Kaltim Jauh Dibawah Rata-rata Nasional
Andi Muhammad Ishak

Pasien Sembuh Covid-19 di Kaltim Jauh Dibawah Rata-rata Nasional

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pasien positif covid-19 yang dinyatakan sembuh atau selesai menjalani perawatan di rumah sakit maupun karantina mandiri di Kaltim jauh dibawah angka rata-rata nasional.

Pasien sembuh kita juga masih jauh dibawah rata-rata nasionl yaitru dibawah 58 persen sementara rata-rata nasional diatas 70 persen,” ujar Juru Bicara Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak

Menurutnya, kondisi tersebut bukan berarti pelayanan di Kaltim yang buruk. Namun karena penularan yang begitu masif terjadi. Bahkan transmisi lokal sangat tinggi di 10 kota dan kabupaten di Kaltim.

“Bukan berarti kondisi pelayanan kita yang kurang baik tapi lebih kepada memang begitu cepatnya penularan ini yang terjadi dan masyarakat,” ujarnya

“Kebanyakan juga orang tanpa gejala (OTG) atau keluhan seolah-olah merasa dirinya sehat dan tetap beraktifitas tanpa memeriksakan diri,”

Kata dia, jika kasus covid-19 terus meningkat maka fasilitas kesehatan (fakses) akan kewalahan.. Bahkan data pasien yang dirawat maupun menjalani isolasi lebih tingga dari angka rata-rata nasional yang hanya 24 persen.

“Yang masih aktif dirawat hingga saat ini mencapai 38 persen , ini  masih tinggi diantas angka rata-rata nasional sekitar 24 persen. Tentunya ini juga semakin penuhnya tempat-tempat isolasi di fasilitas kesehatan,” ujarnya

Dia menambahkan, masyarakat harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan. Jangan biarkan dirinya tertular ataupun menularkan covid-19. Selalu gunakan masker saat beraktifitas, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Dan apabila kita tidak mampu mengurangi ini maka kapasitas rumah sakit akan semakin kewalahan. Harus ada upaya-upaya masyarakat agar dirinya tidak tertular atau tidak menularkan,” ujarnya.

Comments

comments

About abraham johan

Check Also

Update 29 September 2020 : Bertambah 114 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 11 Pasien Meninggal

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Lagi-lagi kasus terkonfirmasi covid-19 di Kaltim kembali bertambah hari ini. Laporan satgas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.