Kepala Dinas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Padilah Mante Runa

Pekan Ini Pasien Covid-19 di Embarkasi Haji Dipindah ke Hotel

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pasien covid-19 yang menjalani isolasi di Embarkasi Haji Batakan Balikpapan akan dipindahkan ke hotel dalam pekan ini. Karena Embarkasi Haji akan segera digunakan untuk calon jamaah haji tahun ini.

Kepala Dinas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Padilah Mante Runa mengatakan, belum mengetahui apakah hotel untuk pasien covid-19 isolasi sudah ada. Namun dia memastikan, harus segera dikosongkan secepatnya.

“Asrama haji sampai sekarang kita masih cari hotel kita akan pindahkan. Jadi harus steril itu sebelum masuk jamaahnya,” ujarnya, Kamis (08/04)

“Sementara mencari ini, saya tidak tahu apakah sudah dapat kemarin.  Kadisnya (Kesehatan Balikpapan) ini bilang mencari, dia mengatakan, satu bulan sebelum lebaran sudah harus kosong. Dalam minggu ini kali,”

Menurutnya, nantinya Embarkasi Haji Batakan akan disterilkan dengan disemprot disinfektan. Calon jamah haji tidak perlu khawatir dalam sepekan virus akan mati. “Di semprot untuk disterilkan dan kuman itu 7 hari sudah mati,” ujarnya.

Sementara untuk vaksinasi calon jamaah haji hingga saat ini sudah 2.400-an orang. Tersisa 396 orang yang belum divaksin karena ada penyakit bawaan. “Itu yang belum divaksin yang ada komorbitnya, tidak bisa ditolerir kan. Perlu diobati,” ujarnya

“Jadi Vaksinasi haji sudah 2.400-an lebih, masih ada 396 kayaknya lebih yang belum divaksin. Nanti semua harus divaksin,”

Adapun vaksin yang baru tiba Rabu kemarin, rencananya akan mulai didistribusikan ke kabupaten kota pada Jumat (09/04) besok. Kaltim mendapat terbanyak di Kalimantan, sebanyak 69.227 dosis vaksin untuk pelayanan public.

“Mungkin besok (distribusi) ini masih pelayanan public. Menkes maunya habiskan tahun ini, tergantung vaksinya,” ujarnya

Baca juga ini :  31 Siswa SMP 1 Ikuti Paduan Suara Nasional di Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.