Gubernur Kaltim Isran Noor

Pencegahan Covid-19 Tergantung Pola Hidup Masyarakat

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Pencegahan dan penanggulangan covid-19 di hulu merupakan hal yang paling penting. Demikian disampaikan Gubernur Kaltim Isran Noor.

“Di hulunya, apa itu, yaitu masyarakatnya,” ujarnya dalam rapat terbatas Pembahasan Dana Darurat Penanganan Covid-19 di di, Kantor Gubernur pada Kamis (22/07/2021).

Karenanya, pola hidup masyarakat menjadi penting yakni disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan). Jika tidak, maka semua kebijakkan akan menjadi sia-siap.

“Satu-satunya cara, masyarakat harus taat, patuh dan disiplin protokol kesehatan,” ujarnya

“Kalau tidak di hulunya tidak dicegah, maka tidak ada gunanya dan tetap saja menjadi masalah bagi penanggulangan Covid-19 di daerah,”

Menurutnya,  bagaimana pun pemerintah menyiapkan berbagai fasilitas kesehatan, baik ruang isolasi rumah sakit, ruang ICU dan ruang isolasi mandiri dan oksigen.

“Jika dari hulunya tidak ada kesadaran, maka rumah sakit atau pusat karantina pasti akan penuh bahkan tidak mencukupi,” ujarnya

Sementara tenaga medis jika sangat terbatas. Setelah banyak yang terpapar covid-19. Bahkan ada yang meninggal dunia. Sehingga yang paling penting adalah poa hidup masyarakat.

“Dimana pun, kapan pun, pakai itu, pakai masker, jangan berkerumun dan jaga jarak, biasakan cuci tangan, kurangi interaksi dan mobilitas,” ujarnya

 Pokoknya, taati anjuran pemerintah, itu aja, ditambah doa. Jangan tidak berdoa, ibadah harus dilakukan, memohon kepada Allah Subhanallahu Wa Ta’ala,”  ujarny. (humasprovkaltim)

Comments

comments

Baca juga ini :  Nilai Ekspor Kaltim Via Balikpapan mengalami Peningkatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.