Obyek pantai salah satu andalan Pemerintah kota dalam meraup PAD kota. foto Pantai Kilang Mandiri

Persiapan Sambut GMT 2016 di Balikpapan Sudah 95 Persen

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kota Oemy Facesli mengatakan persiapan menyambut Gerhana Matahari Total di dua lokasi yakni Pantai Kilang Mandiri dan Pantai Manggar sudah capai 95 persen.

Pelaksanaan event GMT 9 Maret 2016 ini terlaksana berkat kerjasama pemerintah kota bersama instansi, perusahaan juga Kementerian Pariwisata, provinsi Kaltim.

Dalam menyambut GMT di Balikpapan terdapat dua lokasi yakni pantai Kilang Balikpapan dan Pantai Segara Sari Manggar. kejadian langka ini, Balikpapan akan dihadiri para peneliti, wartawan dan turis mancanegara serta ribuan warga Balikpapan dan sekitarnya.

“Sudah kita pastikan ada 20 orang wartawan Hongkong dan Cina. Lalu tamu dan peneliti dari Jepang 11 orang. Kemudian tamu dari Asia Pasific dan Eropa 12 orang,” ungkap Oemy disela-sela mendampingi walikota meninjau lokasi menyambut GMT di heliped pantai Kilang Mandiri (6/3/2016).

“Kami harapkan wisatawan nusantara, kami juga kerjasama dengan diknas untuk kerahkan adik-adik pelajar saat ini juga berlangsung cerdas cermat astronomi kerjasama dengan Bosca ITB Bandung,” sambungnya.

Di pantai Kilang Mandiri dan Pantai Manggar menjadi lokasi pusat kegiatan menyambut GMT. Oemy menyebutkan d pantai Kilang Mandiri digelar makan mantau sebanyak 2119, kuliner, artis Jakarta, Rampak Gendang dari Polair, atraksi budaya, fashion dengan kacamata GMT.

Sedangkan di Pantai Manggar digelar pula festival kuliner dan minuman khas Balikpapan, lomba perahu naga, dan perahu hias, olahraga tradisional. “Yang perahu naga tetap di manggar kita pertimbangkan kedalaman laut. Kalau disini (pantai Kilang ) kedalaman langsung menjorok kedalam, karena ini juga diikuti oleh adik-adik pelajar,”tukasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Berikut Ketentuan PPKM Level 4 di Balikpapan Sektor Keuangan, Industri dan Perhotelan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.