PHKT Dukung Kegiatan Donor Plasma Konvalesen di Kota Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Sebagai upaya mendukung gerakan nasional dalam mencegah dan menanggulangi virus Covid-19, pekerja Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) turut serta dalam Program Donor Plasma Konvalesen di Kota Balikpapan, yang dilaksanakan pada Kamis (7/01/2021) di Aula Makodim 0905 Balikpapan. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 orang pendonor, dimana kegiatan donor plasma konvalesen ini merupakan kali kedua dilaksanakan di Kota Balikpapan.

Pada kesempatan ini, terdapat 5 orang pekerja/mitra kerja PHKT yang telah dinyatakan sembuh Covid-19 turut serta secara sukarela mengikuti program donor plasma konvalesen tersebut. Para pekerja/mitra kerja tersebut berharap dengan dukungan yang mereka berikan ini dapat turut membantu meringankan beban serta membantu dalam proses kesembuhan bagi para pasien penderita Covid-19 di kota Balikpapan.

Selanjutnya direncanakan ada sekitar 30 pekerja PHKT lainnya yang akan mengikuti program donor plasma konvalesen ini bekerjasama dengan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan.

Dalam sambutannya pada acara donor plasma konvalesen, Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto yang diwakili oleh Kasdam VI/Mulawarman, Brigjen Tri Nugraha Hartanta juga menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi yang besar kepada seluruh komponen masyarakat yang telah mendukung program donor plasma konvalesen ini, khususnya bagi masyarakat yang telah bersedia menjadi pendonor, yang dapat juga disebut sebagai pahlawan kemanusiaan.

Sementara itu,General Manager PHKT, Achmad Agus Miftakhurrohman menyampaikan, PHKT terus berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi Covid-19. Program Donor Plasma Konvalesen ini juga sebagai bentuk penerapan tata nilai Pertamina yaitu AKHLAK, yaitu AMANAH untuk berbagi dengan sesama, HARMONIS untuk saling peduli dan tolong-menolong, serta nilai KOLABORATIF untuk membangun kerjasama yang sinergis dengan semua pemangku kepentingan.

Baca juga ini :  Bioskop dan THM Diperbolehkan Beroperasi Tapi Hanya 4 Jam

“PHKT terus mendorong dan menghimbau semua pekerja untuk dapat aktif berpartisipasi dan mengambil peran secara berkelanjutan dalam program-program sosial kemasyarakatan di sekitar daerah operasi PHKT, seperti halnya program donor plasma konvalesen ini, hal ini sebagai bentuk kepedulian dalam kerangka program sukarela pekerja,” ujar Achmad Agus.

Hal senada disampaikan, Komandan Kodim 0905/Balikpapan Kolonel Arm. I Gusti Agung Putu Sujarnawa, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan, turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan donor plasma konvalesen di Makodim 0905/Balikpapan sehingga kegiatan berjalan lancar dan aman.

“Kami juga memberikan apresiasi yang tinggi bagi para pendonor plasma konvalesen yang dengan sukarela turut peduli membantu para pasien Covid-19 yang sedang dirawat, mari kita terus bersinergi untuk mengatasi pandemik Covid-19 ini bersama,” aku Putu Sujarnawa.

Sebagai informasi bahwa terapi plasma konvalesen ini merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19 berat dan kritis dengan menggunakan plasma darah yang mengandung antibodi dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh. Kegiatan donor plasma ini merupakan implementasi dari himbauan dari Satgas Covid-19 dan Kementerian Kesehatan, agar pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 juga turut menjadi pendonor dalam program Terapi Plasma Konvalesen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.