Home / covid-19 / Pilkada Serentak, Polda Kaltim Waspadai Daerah Zona Merah Covid-19
Kapolda Kaltim Irjen Polisi Herry Rudolf Nahak memasangkan masker ke warga di pasar

Pilkada Serentak, Polda Kaltim Waspadai Daerah Zona Merah Covid-19

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Polda Kaltim mewaspadai zona merah covid-19 pada pelaksanaan pilkada serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020. Demikian disampaikan Kapolda Kaltim Irjen Polisi  Herry Rudolf Nahak.

Dia mengatakan, zona merah menjadi perhatiannya karena rawan terjadi penularan covid-19. Dari 8 kota dan kabupaten di Kaltim yang menggelar pilkada serentak ada 5 daerah yang masuk zona merah atau dengan risiko tinggi penularan

Diantaranya Kota Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kabupaten Berau dan Kutai Kertanegara yang masuk zona merah. Sedangkan Kabupaten Kutai Timur dan Paser zona orange, Kabupaten Mahakam Ulu dan Kutai Barat zona kuning.

“Zona merah ini yang menjadi perhatian kami pada pilkada serentak karena berpotensi menyebabkan penularan covid-19,” ujarnya

Apalagi Presiden Joko Widodo juga telah mewanti-wanti jangan sampai pilkda serentak justru memunculkan klaster baru covid-19. Termasuk dari hasil evaluasi pendaftaran pasangan calon ada 50 calon yang positif terpapar covid-19

“Ini yang harus kita waspadai zona mrah karena dari hasil evaluasi ada 50 calon wali kota, wakil wali kota, bupati dan wakil bupati yang positif,” ujarnya.

Karena saat pendaftaran justru menimbulkan kerumunan ratusan hingga ribuan orang yang hadir. Sehingga harus benar-benar dipastikan pelaksanaan protokol kesehatan yakni 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak

“Ini yang dikhatwirkan akan menimbulkan klaster baru tentu ini yang kita waspadai jangan sampai terjadi kerumunan,” ujarnya.

 “Semua pihak harus ikut mengampanyekan protokol kesehatan,  TNI dan Polri serta Pemdamulai dari tahapan hingga pelaksanaan,”:

Soal personil yang akan ditempatkan untuk penmgamanan pilkada serentak nanti akan ditentukan.  Karena 1 TPS maksimal hanya boleh 500 orang pemilh. “Jadi Polri dan TNI akan menyesuaikan kondisi di lapangan,” ujarnya.

Polda Kaltim bersama Kodam VI mulawarman juga membagikan-bagikan sebanyak 23.500 masker gratis kepada masyarakat di pasar Tradisional Klandasan maupun Balikpapan Permain.

Comments

comments

About glen

Check Also

Obat Herbal Penyembuh Covid Beredar di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Jelang diproduksinya vaksin covid pada akhir tahun 2020, sudah beredar luas obat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.