Suasana pantai BSB Balikpapan menyambut tahun baru, Jumat (30/12/2022).

PPKM Dicabut, Perayaan Tahun Baru di Balikpapan Tetap Dianjurkan Pakai Masker

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pencabutan PPKM oleh Presiden Jokowi pada Jumat 30 Desember 2022, mempersilahkan orang berkumpul lebih dari 1000 orang terutama pada tahun baru.

Hanya saja pemerintah tetap menganjurkan agar masyarakat tetap mengenakan masker mengingat covid belum berakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Kota yang juga jubir Satgas Covid Kota Balikpapan dr Andi Sri Juliarty mengatakan PPKM merupakan pembatasan kegiatan masyarakat. Sehingga masyarakat dibolehkan berkumpul pada malam tahun baru. Hanya saja dianjurkan tetap mengenakan masker.

“PPKM level 1,2, 3 dan 4 itu mengatur pembatasan kegiatan masyarakat. Jadi yang boleh berkumpul 1000 orang itu yang dicabut. Besok malam tahun baru boleh berkumpul,”katanya, Jumat (30/12/2022) sore.

Hanya saja protokel kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker itu tetap berlaku karena merupakan budaya hidup sehat.

“Vaksin juga tetap jalan. Memakai masker kita anjurkan,” tambahnya.

Kepala Pol PP yang juga penegakan Hukum Satgas Covid Kota Balikpapan Zulkifli membenarkan pencabutan itu berimbas pada pencabutan aturan orang berkumpul lebih dari 1000 orang.

“Boleh berkumpul lebih dari itu. Tapi kita tunggu surat pencabutan Inmendagri. Kita tetap mengimbau masyarakat pakai masker lah kalau berkumpul malam tahun baru,” ujarnya.

Diketahui sejumlah tempat hiburan dan hotel akan ikut merayakan malam tahun baru termasuk pantai BSB yang akan menggelar pesta kembang api. Kembang api terpanjang dan terlama selama 20 menit di pantai BSB pertama kali diadakan setelah 3 tahun kosong.

“Kita tetap meminta menganjurkan kepada pengunjung mengenakan masker ya karena kan covid belum hilang,” tambah PR and Digital Marketing Manager BSB dan Pentacity Adelina.

Menurutnya pencabutan PPKM ini sebagai awal bangkitnya industri kreatif yang sempat diterpa covid selama 2 tahun lebih khususnya di Balikpapan. “Mudah-mudahan kedepan industri kreatif khususnya even musik di Balikpapan juga lebih support pemerintah biar kita bisa lebih berkreasi lagi,” harapnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.