Kegiatan rakor RT se Balikpapan Utara yang dihadiri Walikota Balikpapan

Rakor di Balikpapan Utara, Wali Kota Minta Laporkan Oknum ASN Pungli

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Guna menjalin sinergitas antara Pemerintah Kota Balikpapan dengan unsur RT, maka pihak Kecamatan Balikpapan Utara melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan sejumlah Ketua RT dan LPM yang ada di Balikpapan Utara, Selasa (14/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut tampak Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menghadiri rakor RT sekaligus bersilaturahmi dengan para Ketua RT dan LPM yang ada di Balikpapan Utara.

“Saya mewakili Pemkot Balikpapan memberika  apresiasikepada para ketua RT yang selama ini memilili peranan RT tidak bisa dipungkiri cukup besar, karena mereka ujung tombak dari roda pembangunan,” ujar Rahmad Mas’ud dalam sambutannya.

Untuk itu diharapkan setiap kegiatan sosialisasi Ketua RT harus hadir dan Pemkot Balikpapan perlu bersinergi apalagi Kota Balikpapan sebagai penyanggag IKN yang baru, sehingga peranan dan memili potensi besar dikembangkan.

“Hal ini tentunya memerlukan bantuan elemen masyarakat dan termasuk sinergi dengan para Ketua RT yang ada di Kota Baliipapan,” kata Rahmad.

Selain itu, atas nama pemkot Balikpapan pihaknya memberikan apresiasi atar dukungan para Ketua RT yang selama pandemi Covid-19 membantu mensosialisasikan prokes, sehingga saat ini Kota Balikpapan masih berada di PPKM level 1.

“Kalaupun ada kasus saat ini hanya ada 4 kasus dan itupun bergejala ringan,” akunya.

Rahmad juga yakin peran serta para Ketua RT dan LPM bisa terus berupaya mendukung prokes, walaupu kasus  Covid-19 rendah, jangan lalai gunakan masker apalagi saar berada di dalam ruangan.

Sementara itu, di bidang administrasi dan perizinan laporkan jika ada oknum Camat atau Lurah bahkan ASN yang minta pungutan liar (pungli) diluar peraturan dan prosedur untuk melaporkan ke Walikota. 

“Saya jamin akan saya pecat dia dari ASN. Tapi jangan juga banyak tingkah, sudah izin tidak lengkap  prosedur gak dipenuhi, minta izin dipercepat,” akunya.

Baca juga ini :  Tiga Kipernya Terpapar Covid-19, Laga Peersikutim vs Belitong FC Ditunda

Pihaknya juga ingin mengupayakan Balikpapan Utara terus berkembang, salah satunya dalam perbaikan infrastruktur, sehingga diharapkan Kota Balikpapan bisa menjadi contoh dan barometer bagi kota-kota lainnya.

“Sebagai penyangga Ibu Kota negara,walaupun betbatasan dengan Balikpapan Barat, peranan Balikpapan Utara juga sangat strategis termasuk infrastruktur, kita akan memperbaiki itu dan jadi program perumahan akan diarahkan ke Balikpapan Utara,” imbuhnya.

“Salah satunya pembangunan Sekolah terpadu di Balikpapan Utara dan rencana pembangunan Jembatan penghubung antara Balikpapan Barat dengan Karingau,” tambahnya.

Rahmad juga mengajak para ketua RT untuk mensosialisasikan program pemkot Balikpapan dalam bidang kesehatan dan pendidikan. Yang mana dalam bidang kesehatan untuk BPJS kelas 3 sudah ditanggup Pemkot bagi warga yang masuk dalam kategori bukan penerima upah.

“Kalau pun sampai saat ini belum terdaftar segera komunikasikan dengan Lurah, sehingga bisa didata apakah layak ikut program BPJS Kelas 3 gratis,” akunya.

Selanjutnya di bidang pendidikan mulai tahun ajaran baru ini, seragam sekolah bagi kelas 1 SD dan kelas 7 SMP ditanggung Pemkot. Begitu juga dengan biaya SPP bagi sekolah swasta juga mendapatkan subsidi.

“Sehingga diharapkan para Ketua RT bisa mensosialisasikan program kami ini ke warganya masing-masing,” pungkas Rahmad.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.