Andi Sri Juliarty
Andi Sri Juliarty

Satgas Waspadai Kerumunan Saat Pasar Ramadhan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Awal April sudah memasuki bulan puasa atau Ramadhan. Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan pun jauh-jauh hari sudah mengingatkan agar tetap waspada.

“Yang perlu diwaspadai pada ramadhan adalah kondisi pasar ramadahn, disitu sering terjadi kerumunan,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, Kamis (17/03/2022).

Selain itu kegiatan buka puasa bersama yang sering digelar masyarakat maupun perusahaan. Karena pontensi penularan covid-19 bisa terjadi, jika lengah dan tidak waspada.

“Ini yang perlu kita waspadai karena buka puasa tentu makan-makan, membuka masker,” ujarnya.

Selain itu saat ibadah di masjid, meski sudah ada kelonggaran dari Kementerian Agama (Kemenag) tidak lagi berjarak, namun Kepala Dinas Kesehatan itu menyarankan tetap memakai masker.

“Sudah mendapat edaran kelonggaran dari Kemenag untuk beribadah jadi di masjid sudah tidak berjarak lagi tapi kami harapkan tetap memakai masker, membawa sajadah sendiri,” ujarnya

Sementar terkait tak ada lagi tes PCR maupun antigen bagi para pelaku perjalanan khususnya yang telah vaksin dosis dua maupun booster, protokol kesehatan (prokes)  harus diawasi ketat.

“Tadi arahan Bapak Wakil Menteri kesehatan memang dari Pemerintah Pusat menerapkan sistem gas rem, gas rem melihat kondisi kasus,” ujarnya. “Jadi saat ini memang ada kelonggaran tidak tidak ada tes PCR dan antigen lagi tadi beliau benar-benar berpesan terutama teman-teman di Kantor Kesehatan pelabuhan (KKP)  prokes yang harus diawasi secara ketat.”

Comments

comments

Baca juga ini :  PPKM Level 2 Balikpapan, Ketentuan Sektor Esensial Pemerintahan dan Sektor Kritikal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.