Satgas Yonif 611/Awang Long Obati Warga Terkena Malaria

PAPUA – Kondisi alam Papua dengan cuaca yang mudah berubah-ubah dan daerah dengan endemik malaria yang sangat tinggi. Termasuk Distrik Sota Jalur 3A Kabupaten Merauke. Di daerah ini, Satgas Yonif 611/Awang Long yang berada dibawah Kolakops Korem 174/ATW membantu mengobati seorang penderita malaria, Otniel (42).

Sebagai bentuk tindakan rasa kepedulian terhadap warga serta meminimalisir endemik malaria yang berada diperbatasan Satgas Yonif 611/Awang Long yang mendapat laporan bahwa ada warga yang mengalami kambuh sakit malaria dengan bergerak cepat menuju rumahnya, dengan dipimpin oleh Danton Kes Letda Ckm I Putu Krisna, A.Md. Per. beserta 4 orang personel lainnya.

Melihat kondisi penderita yang menggigil dan lemas, Tim Kesehatan Satgas Yonif 611/Awang Long selanjutnya melakukan tindakan medis dengan memberikan cairan infus RL ecosol dan obat anti malaria. Mayor Inf Albert Frantesca dalam rilis tertulisnya mengatakan “kehadiran Satgas Yonif 611/Awang Long selain menjaga patok batas negara, juga selalu siap dan sigap memberikan pelayanan kesehatan kepada warga. Layanan kesehatan ini sebagai wujud kepedulian TNI terhadap warga perbatasan.” ucap Dansatgas.

“Ditambah Puskesmas yang berada di Distrik Sota sedang tidak beroperasi karena pandemi Covid-19 menjadikan Pos Kout Sota Satgas Yonif 611/Awang Long sebagai sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat atau warga sekitar, hampir setiap hari ada warga yang berobat ke Pos Kout sota jika mengalami luka atau pun sakit.” tuturnya.

“Diharapkan dengan adanya pelayanan kesehatan dari Satgas Yonif 611/Awang Long mampu mengatasi masalah kesehatan warga di daerah perbatasan serta sebagai salah satu bentuk untuk mengatasi kesulitan warga disekelilingnya sesuai dengan 8 wajib TNI.” tutupnya.*Sumber Pen Yonif 611/Awl*

Baca juga ini :  Dulu Rusak, Kini Jadi Tempat Favorit Bermain Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.