Transaksi Tokopedia

Selama 2021 Transaksi UMKM di Balikpapan Melalui Tokopedia Meningkat Dua Kali Lipat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Inisiatif Hyperlocal yang digencarkan oleh Tokopedia membawa sederet dampak positif di berbagai daerah, termasuk Balikpapan. Transaksi UMKM Balikpapan di Tokopedia meningkat dua kali lipat selama 2021 dibandingkan 2020.

 “Kami mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mengembangkan UMKM Balikpapan. Sinergi antara pemerintah dan pihak swasta merupakan kunci dalam mendorong pembangunan ekonomi di Balikpapan.” Ujar Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud,

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan. Tokopedia menyatakan, transaksi jual beli melalui Tokopedia di Balikpapan mulai dari pakain, makanan, kesehatan hingga  kecantikan.

“Di Balikpapan, Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kesehatan, Kecantikan, dan Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling laris selama 2021 di Tokopedia dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya

Makanan dan Minuman, produknya daging, paket dan parsel makanan, juga susu menjadi beberapa produk yang laris diburu masyarakat Balikpapan selama 2021 dibandingkan 2020. 

“Pegiat usaha lokal bidang makanan dan minuman di Balikpapan mengalami kenaikan transaksi hampir 2,5x lipat selama tahun 2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya” jelas Emmir.

“Di kategori Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, tercatat produk seperti popok, makanan dan susu bayi, serta seragam sekolah menjadi beberapa produk paling dicari masyarakat Balikpapan sepanjang 2021 dibandingkan 2020,” tambah Emmir.

Sedangkan esehatan, produknya seperti masker, perlengkapan kebersihan, serta nutrisi ibu hamil menjadi beberapa produk paling laris di Balikpapan selama 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

 “Di Balikpapan, ada peningkatan penjualan produk face and body paint, pembersih make-up, serta aksesoris rambut pada Kategori Kecantikan dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Emmir.

Sementara di kategori Rumah Tangga, produk seperti Perumahan, Motors and Power Transmission, dan Machinery terlihat banyak diburu oleh masyarakat Balikpapan pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga ini :  Pasca Dilantik, 30 Anggota PPK Ikuti Pembekalan

Berbagai temuan menarik di atas didukung oleh sederet inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang diusung selama 2021 untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, di antaranya adalah Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya.

“Sambal Raja Roa merupakan contoh pegiat usaha lokal asal Balikpapan yang aktif mengikuti program Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Tokopedia dan mengalami peningkatan omzet sebesar 3x lipat setelah mengikuti program tersebut,” jelas Emmir.

“Ke depannya, kami akan terus berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal menemukan momentum di tengah pandemi untuk meraja di negeri sendiri,” tutup Emmir. (*)

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.