Sudirman : Di Balikpapan Sudah 85 Persen Sekolah Status Adiwiyata

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Kebersihan di Kota Balikpapan menjadi perhatian serius semua pihak. Pasalnya, melalui kebersihan Kota Balikpapan sering mendapatkan penghargaan baik tingkat nasional hinga luar negeri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana mengatakan, Balikpapan dikenal identik dengan kebersihannya, dimana hingga saat ini Kota Balikpapan telah meraih 23 kali penghargaan adipura, sebuah penghargaan tinggi tingkat nasional untuk kebersihan.

“Prestasi ini tidak lepas dari peran serta aktif masyarakat untuk terus menjaga lingkungan,” ujar Sudirman Djayaleksana disela-sela kegiataan pemberian penghargaan RT CGH, Senin (31/10/2022).

Dirman biasa Sudirman Djayaleksana disapa menambahkan, pendidikan merupakan salah satu elemen penting dalam membangun generasi cinta lingkungan dan kunci keberhasilan pengelola lingkungan dari tingkat SD hingga SMA.

“Pemerintah Kota Balikpapan telah memasukan muatan lokal pendidikan lingkungan hidup dalam kurikulum pendidikan sekolah juga dipacu menerapkan sekolah berbudaya lingkungan,” akunya.

Hingga saat ini presentase sekolah adiwiyata telah mencapai 85, 67 persen. Pengelolaan sampah jadi elemen penting dalam menjaga kebersihan Kota Balikpapan.

Infrastruktur sarana dan prasarana untuk mendukung pengelolaan lingkungan terus dipenuhi, dan sejak 2014 Kota Balikpapan ditunjuk oleh Pemerintah Pusat menjadi salah satu Kota yang menjadi proyek percontohan Kota yang melakukan pemilahan sampah.

Melalui penghargaan CGH dan Eco Office ini merupakan rangkaian dari pemilihan lingkungan RT CGH dan perkantoran swasta yang telah berkomitmen dalam pengelolaan lingkungan.

“Kita berharap kegiatan ini jadi momentum strategis bagi seluruh warga kota untuk terus berkomitmen melakukan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” harapnya.

Di bulan Oktober ini Kota Balikpapan masuk dalam tahap penilaian adipura dimana untuk tahun 2022 Kota Balikpapan masuk dalam kategori Kota Besar.

Baca juga ini :  Kepergian Markis Kido, Duka Mendalam Bagi Hendra dan Liliyana

Pembenahan sudah dilakukan dalam segala aspek, namun yang tidak kalah penting dukungan masyarakat melalui prilaku menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Target kita mendapatkan nilai 73 dari tim penilai adipura,” tuturnya.

Sedangkan, Ketua Panitia kegiatan, Nurlena mengatakan, tahun ini program RT CGH 2022 diikuti 10 peserta, dan diselenggarakan juga lomba eco office bersih lingkungan kantor yang diikuti peserta dari instansi OPD 10 peserta, dan 9 peserta dari perkantoran swasta.

“Adapun tujuan dan harapan kegiatan ini di perkantoran dan swasta agar perkantoran dapat menerapkan kantor ramah lingkungan,” kata Nurlena.

“Program ini agar mendukung Pemkot Balikpapan dapat meningkatkan dan kelestarian sebagai Kota bersih dan nyaman dihuni,” tukasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.