Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mendampingi Presiden Joko Widodo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mendampingi Presiden Joko Widodo

Survei SMRC Ganjar Pranowo Unggul Telak, Prabowo dan Anies Kalah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis, jika pemilihan presiden (pilpres) 2024 di gelar hari ini, maka Ganjar Pranowo akan menang.

Gubernur Jawa Tengah itu mengalahkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dari hasil survei yang di gelar SMRC terhadap 1.053 responden.

Pertanyaan yang disampaikan kepada respon “Bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden diantara 3 nama berikut?”.

Dari hasil survei tersebut, sebanyak 44,6 persen responden memilih nama Ganjar Pranowo, kemudian Prabowo Subianto sebanyak 25,7 persen dan Anies Baswedan 21,7 persen.

“Dari kelompok yang mengetahui ketiga calon ini, Ganjar mendapat dukungan 44,6 persen unggul signifikan dari Prabowo 25,7 persen kemudian Anies mendapat 21,7 persen,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam tayangan YouTube SMRC TV pada Kamis (8/9/2022).

Menurut Deni, secara statistik Ganjar Pranowo bisa unggul signifikan dari Prabowo Subianto dan Anies baswedan karena selisih hasil surveinya lebih dari dua kali batas kesalahan atau margin of error.

Wawancara lapangan dilakukan pada 5 hingga 13 Agustus 2022. Sebanyak 1.053 responden dilibatkan dalam pengambilan survei.

Batas kesalahan atau margin of error pada survei ini diperkirakan sebesar kurang lebih 3,1 persen dengan tingkat kepercataan 95 persen

Comments

comments

Baca juga ini :  Bawaslu Bentuk Pokja Persiapan Pembukaan Panwascam di Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.