TMMD Ke 109Kodam VI/Mulawarman Menjaga Roh Kemanunggalan TNI-RI

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 109 di wilayah Kodam VI/Mlw yang dilaksanakan dibeberapa kodim yaitu Kodim 0910 Malinau, Kodim 0907 Tarakan, Kodim 1001 Amuntai dan Kodim 1022 Tanah Bumbu, (Kamis/22/10).

Program TNI Manunggal Membangun Desa merupakan Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan melibatkan beberapa instansi terkait secara lintas sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri, Instansi terkait lainnya serta masyarakat setempat.

Kegiatan TMMD yang telah berlangsung untuk ke 109 pada tahun ini, diselenggarakan untuk membantu pemerintah daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun insfrastruktur dan membuka daerah yg terisolir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara di masyarakat dalam rangka kepentingan pertahanan serta tetap terpeliharanya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Dalam setiap kegiatan TMMD, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah serta kerja keras seluruh komponen masyarakat. Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan roh perjuangan Bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara sebagai bagian dari mewariskan semangat perjuangan para pendahulu negara ini sehingga bisa berdiri kokoh berkat Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Kemanunggalan TNI dan Rakyat tersebut merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan Bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.

Dalam sambutan Pangdam VI/Mlw Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto dalam pelaksanaan acara penutupan TMMD yang dilaksanakan di masing-masing wilayah dengan berpedoman pada protokol Kesehatan mencegah penyebaran Covid -19 di seluruh wilayah Kodam VI/Mulawarman.

Beliau menyampaikan bahwa program TMMD ke -109 kali ini yang mengusung tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri” tahun anggaran 2020 ini merupakan suatu Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan dalam kurun waktu yang telah ditentukan, dengan sasaran yang bersifat fisik maupun non fisik sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat sekaligus mengatasi kesulitan masyarakat di daerah yang terkena dampak Pandemi Covid -19 baik melalui pemberian pengetahuan mengenai bahaya virus tersebut serta pembagian sembako bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Berkenaan dengan telah selesainya pelaksanaan TMMD ke-109 TA 2020 pada hari ini saya selaku Penanggung Jawab keberhasilan Operasi TMMD (PKO TMMD) dan atas nama keluarga besar TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh unsur yang terlibat dalam mendukung terlaksananya kegiatan TMMD ke-109 Tahun anggaran 2020 sehingga dapat berjalan dengan tertib lancar sesuai dengan yang diharapkan.”

Berbagai upaya yang telah dilaksanakan oleh para prajurit TNI di lapangan yang bekerja sama dengan pemerintah daerah maupun masyarakat, diharapkan dapat membantu membuka jalan meningkatkan roda perekonomian di beberapa daerah karena adanya kemudahan akses bagi distribusi barang keluar masuk daerah tersebut. Termasuk kemudahan bagi komoditi daerah untuk bisa dikirim ke kota sebagai mata pencaharian masyarakat di daerah TMMD.

Dalam menutup sambutannya Pangdam juga menyampaikan “Saya mewakili seluruh prajurit dan pribadi mohon maaf apabila selama pelaksanaan TMMD berlangsung ada prajurit yang secara sengaja maupun tidak sengaja melakukan tindakan yang kurang berkenan pada saat melaksanakan tugas.”

Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Kavaleri Dino Martino menambahkan, keberhasilan pelaksanaan TMMD ke-109 di berbagai wilayah Kodam VI/Mulawarman pada tahun ini menjadi kado istimewa bagi beberapa masyarakat yang mendapat program Rehab Rumah Tidak Layak Huni dalam kegiatan tersebut.

Di masa Pandemi Covid-19 yang melemahkan roda perekonomian masyarakat secara umum, keikhlasan dan ketulusan para prajurit TNI masih bisa membantu memperbaiki rumah mereka menjadi lebih layak huni terutama dalam menghadapi musim hujan yang akan tiba di bulan Desember.Keberhasilan tersebut dalam tercapai berkat kerjasama menjaga Kemanunggalan TNI-Rakyat menjamin pelaksanaan kegiatan TMMD ke-109 tahun ini berjalan sukses dan selesai tepat pada waktunya.

Comments

comments

About rahma danty

Check Also

Rasa Haru Warnai Penyerahan Hasil TMMD Oleh Dandim 0907/Trk Kepada Masyarakat

TARAKAN,Inibalikpapan.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 Kodim 0907/Tarakan Tahun 2020 secara resmi telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.