Wakil Presiden Maruf Amin

Varian Omicron Telah Masuk Indonesia, Pintu Masuk Diperketat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah memastikan pintu-pintu masuk baik melalui udara maupun laut dan darat diperketat setelah terdeteksi satu kasus covid-19 varian Omicron di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden Maruf usai menghadiri acara Peresmian Pembukaan Kongres dan Penyerahan Penghargaan “Outstanding Lifetime Achievement Award” Persatuan Insinyur Indonesia/PII Tahun 2021, di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (17/12/2021).

Ma’ruf Amin mengatakan, pengetatan dilakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron. Protokol kesehatan (prokes) harus semakin ditingkatkan.

“Tentu memperketat masuknya itu dari berbagai pintu masuk udara laut maupun darat jangan sampai mereka yang membawa itu lolos,” kata Maruf dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

“Kemudian yang kedua karena ini sudah mulai masuk, maka kita memperketat protkes, terutama masker,” sambungnya.

Selain itu, Maruf menilai mesti adanya peningkatan dalam hal vaksinasi Covid-19 serta upaya tracing dan testing seperti ketika varian Delta merebak beberapa waktu lalu.

Sementara untuk PPKM akan berlaku sesuai dengan level di wilayah masing-masing. Namun ia dapat memastikan tidak akan ada penurunan level hingga Januari 2022.

“Oleh karena mungkin sampai dengan tahun baru, Januari itu tidak ada yang diturunkan dan berpotensi kemungkinan kalau misalnya ada daerah yang bisa naik tingkat levelnya, tapi diketatkan,” tuturnya.

“Walau tidak di level 3 kan bisa dilakukan pengetatan-pengetatan PPKM ini.”

Comments

comments

Baca juga ini :  Disdukcapil Balikpapan Bantah Urus KIA Dikenakan Biaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.