Wali Kota Tinjau Bendali Telagasari, Ada 10 Titik Kebocoran di Sekitar Pintu Air Bendali

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Dinas PU Balikpapan menyebut ada 10 titik (lubang) keluarnya air di sekitar pintu keluar air di waduk Telagasari. Hal itu disampaikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat meninjau lokasi waduk yang didampingi Kepala PU dan jajarannya, Asisten I, kepala BPBD, DLH, Dirut Haidir Effendi, Kadisinfo, Selasa pagi (18/5/2021).

Wali Kota Rizal Effendi mengatakan pihaknya juga masih menunggu Balai Wilayah Sungai (BWS) atau rekomendasi ke Universitas untuk melakukan penelitian penyebab terjadinya rembesan air dibawah struktur badan bendungan. Karena itu, pemkot akan menyiapkan anggaran untuk perbaikan yang bersumber dari dana tidak terduga. 

Dari informasi yang diperoleh Dinas PU Balikpapan terdapat 10 titik rembesan air yang ada di sekitar badan bendungan. 

” Sementara kita akan tutup lubangnya. Ada beberapa titik 10 titik. Kalau hujan terutama warga di Rt 47, 48, 49 kelurahan Gunung Sari Ilir. Kita lakukan kordinasi camat lurah dengan warga di Gunung Sari Ilir, lakukan siskamling terutama kalau hujan di malam Siapkan pompa juga” jelas Rizal.

Pihak meminta RT, lurah, camat dan warga agar waspada dan melaporkan jika ada keanehan terhadap limpasan air. Jangan sampai kejadian longsor pada 2017 lalu.

“Masyarakat kalau curiga bisa laporkan kalau ada air muncul tiba-tiba di lingkungan rumah, ” ujarnya.

Sementara Kabid SDA Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan  Rita mengatakan tidak ada kerusakan atau perubahan struktur badan bendungan dari peristiwa mengeringnya air bendali secara cepat.  Namun dalam waktu dekat akan melakukan penutupan lubang sambil melakukan Investigasi.

“Kita akan lakukan sandback tutup sementara ke lubang-lubang agar tidak membawa material dasar pondasi, ” tandasnya.

Saat ini petugas UPTD drainase dan Bozem sedang melakukan pembersihan di sekitar pintu air waduk sebelum dilakukan penutupan sementara di 10 lubang sekitar pintu air bendali.

Baca juga ini :  Perusahaan Tambang dan Migas di Balikpapan Tetap Mewajibkan Karyawannya Antigen dan PCR

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.