Budidaya udang vaname yang dilakukan Lapas Balikpapan

Warga Binaan Lapas Balikpapan Bercita-cita Jadi Nelayan Budidaya Udang Vaname

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Herman (54) warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Balikpapan berharap, setelah bebas bisa menjadi nelayan budidaya udang vaname.

Herman menjadi salah satu warga binaan yang setiap harinya bertugas mengelola, budidaya udang vaname, termasuk juga lobster, ikan bandeng, ikan lele dan ikan nila yang dikelola Lapas Balikpapan.

“Ada cita-cita memang, karena sudah berpemgalaman disini,” ujar  Herman kepada inibalikpapan.com.

Sehingga dia merasa bersyukur bisa mendapatkan ilmu  yang akan menjadi bekalnya jika bebas nanti. “Bermanfaat sekali, kalau aku bebas, bisa kembangkan  untuk usaha sendiri,” ujarnya.

Warga Penajam Paser Utara ini mengaku, telah mengetahui bagaimana cara memelihara udang vaname yang memiliki potensi ekspor dengan keuntungan mencapai 200 persen.

“Alhamdulilah sudah bisa paham , masalah kadar airnya kan kita kasih 15 persen dari yang 35 persen kita ambil air laut terus kita campur air tawar dan air asin,” ujarnya

Herman yang baru bebas 2024-2025 ini sebenarnya Herman belum lama belajar membudidaya udang vaname dan lainnya. Namun karena setiap hari, jadi dia lebih cepat memahami.

“Saya terilibat dari bulan 10 setelah temanku pulang gantinya aku. ganti orang yang ngurus disini, karena aku juga sering kesini, jadi saya diberitakukan  jaga udang disini,” ujarnya.

Dia menambahkan, panen udang vaname tidak terlalu lama hanya sekitar 3,5 bulan  sehingga bisa cepat meraih keuntungan. “Udang ini kita panen 104 sampai 105 hari,” pungkasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Abdulloh : Setiap Tahun Akan Bangun Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.