Kepala Dinas Kesehtana Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty saat menyampaikan penambahan kasus covid-19

10 Hari Selesai Isolasi Mandiri, Pasien Tanpa Gejala Tak Perlu Swab

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengungkapakan, pasien terkonfirmasi positif covid-19 gejala ringan atau tanpa gejala tak perlu lagi swab jika sudah menjalani isolasi selama 10 hari.

“Berdasarkan keputusan Menteri kesehatan Nomor 413 Pedoman Revisi 5 itu diyatakan pasien terkonfirmasi positif OTG atau gejala ringan itu perawatannya hanya dengan isolasi mandiri,” ujarnya dalam konfrensi pers, Rabu (04/11)
“Kemudian jika tanpa gejala sampai selesai hari ke-10 maka bisa dikatakan slesai tanpa pemeriksaan swab kontrol lagi,”

Menurutnya, berdasarkan penelitian Badan Organisasi Kesehatan Dunia PBB menyebutkan, pasien yang terkonfirmasi tanpa gejala dan menjalani isolasi mandiri pada hari ke-9 tidak lagi menularkan covid-19 sehingga tidak perlu swab test.

“Karena berdasarkan peneliatian dari WHO bahwa penularan tidak ada lagi sampai samapi di hari ke 9, kalau di lab mamemang masih terlihat,” ujarnya.

“Kalau yang lalu kasus kita sampai 40 hari positif, tapi resiko penularannya sudah tidak ada lagi maka boleh dinyatakan keluar atau selesai isolasi,”

Sementara pasien dengan komorbit atau penyakit bawaan yang dirawat di rumah sakit harus dilakukan swab test untuk memastikan telah sembuh. “Kalau komorbit kan biasanya dirawat di rumah sakit jadi berbeda, harus swab,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Pemkot Balikpapan Buka Kesempatan Pedagang Pandasari yang Belum uji Swab

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.