Home / iniFLASH / Penderita Cerebral Palsy Dapat Sepatu AFO, Kontak WA Galang Bantuan Kursi Roda Khusus

Penderita Cerebral Palsy Dapat Sepatu AFO, Kontak WA Galang Bantuan Kursi Roda Khusus

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Khanza, gadis kecil berusia tujuh tahun ini tersenyum bahagia, usai mengenakan Sepatu AFO. Sepatu AFO (Ankle Foot Orthosis) merupakan alat bantu penyangga tubuh bagian bawah lutut, pergelangan kaki dan kaki yang membantu penderita Cerebral Palsy berjalan.

Bantuan berupa sepatu yang dirancang untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) ini digagas oleh Komunitas Orangtua Anak Istimewa (Kontak WA) dan mendapat dukungan dari Rumah Zakat Balikpapan dan kitabisa.com. ada tiga anak yag mendapatkan bantuan yakni Khanza, Diva (5) dan Alief(4,5).

Asmawati- Ibu Khanza mengucapkan terimakasih kepada Komunitas Kontak WA dan seluruh pihak yang memberi bantuan sepatu AFO kepada Khanza. Ia berujar dalam kesehariannya, Khanza kesulitan untuk berjalan.

Wanita berusia 46 tahun tersebut mengatakan, Khanza sulit beraktivitas secara normal, seperti duduk dan berjalan, karena mengalami Cerebral Palsy.

“Jadi kesehariannya itu Khanza hanya bisa berbaring, banyak lendir di paru-parunya. Karena nda bisa duduk. Terimakasih sudah membuat Khanza kembali ceria,” ujar Asmawati seraya tersenyum bahagia saat penyerahan bantuan, di kawasan Gunung Sari Ilir, Selasa malam (4/8/2020).

Nuri Cahyani- Ketua Kontak WA mengatakan pihaknya mendapat informasi terdapat beberapa ABK yang membutuhkan sepatu AFO. Kemudian informasi tersebut disampaikan kepada kepada Rumah Zakat Balikpapan dan kitabisa.com agar menjadi pertimbangan memperoleh bantuan.

“Saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait yang turut peduli akan anak anak kita yang berkebutuhan khusus. Tentu saja ini membahagiakan buat saya dan tentunya buat orang tua Khanza,” kata Nuri.

Selain Khanza bantuan sepatu khusus yang seharga Rp.900 ribu tersebut juga di erikan kepada dua ABK lainnya yaitu Difa (5 tahun) dan Alif (4.5 tahun).

Khusus untuk Khanza, kata Nuri, pihaknya berencana kembali memberi bantuan berupa kursi roda khusus untuk anak Cerebral Palsy.

“Tadi kita lihat sendiri ananda Khanza tidak bisa duduk tanpa alat bantu, kita rencana memberi kan kursi roda khusus. Kita sudah mengumpulkan donasi sekitar empat jutaan. Harga kursi roda itu sekitar tujuh sampai delapan jutaan ,” ujarnya.

“Mudah- mudahan lebih banyak pihak yang bersedia membantu anak-anak di komunitas kami,” ujarnya menambahkan.

Selama ini Kanza dipangku ibunya dan hanya berbaring. Kursi khusus harganya 8 juta. ” Alhamdulillah sudah terkumpul 4 juta dari donasi. Kita harapannya kursi roda segera dipakai Kanza, ” ucap Ibu dari Rafi yang juga menderita Seberal Palsy.

Untuk donasi bantuan bisa di hubungi di Kontak WA(komunitas orang tua anak istimewa) di 085292173979 (NURI CAHYANI).

Kanza bersama ibunya

Sementara itu Nida- Perwakilan Rumah Zakat Balikpapan berharap alat bantu yang diberikan bisa bermanfaat dan membantu si oenerima beraktivitas normal dalam kesehariannya.

“Semoga alat bantu yang diberikan bermanfaat dan mudahan-mudahan dari rumah zakat bisa bantu lebih bantu lebih banyak lagi,” ujarnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Perkantoran Instansi Pemerintah Diminta Bentuk Krisis Center Covid-19

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di lingkungan perkantoran, setiap instansi pemerintah diimbau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.