Penerimaan 44 Dokter Program Internship di Balikpapan

44 Dokter Program Internship Diharapkan Ikut Membantu Penanganan Covid-19

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan berharap, 44 dokter muda yang merupakan Program Internship Angkatan II periode Mei Tahun 2020 ikut membantun penanganan covid-19.

“Tentu kita senang bergabung ada 44 dokter disaat kita membutuhkan tenaga kesehatan yang saat ini sangat penting, kita tengah menghadapi covid-19, tenaga kesehatan kita betul-betul terkuras,” ujar Wali Kota Rizal Effendi, Sabtu (22/05/2021).

Dia mengatakan, puluhan dokter muda yang bertugas di rumah sakit maupun puskesmas itu akan menambah tenaga medis untuk penanganan covid-19. Karena kini tengah gencar melakukan tracing.

“Sehingga dengan kehadiran saudara-saudara akan menambah amunisi kita tenaga kesehatan terutama penanganan covid-19,” ujarnya.

Rizal pun bercerita, ketika kasus covid-19 melonjak di Kota Balikpapan tenaga medis sampai kewalahan. Mereka bahkan menangis karena tidak bisa pulang, karena takur menularkan ke keluarga terdekat.

“Ketika masa puncaknya dulu ketika masa tahun 2020 saya sempat menerima perawat meraka menangis karena menghadapi tugas yang sangat berat ji9ka pulang ke rumah punya resiko yang sama,” ujarnya.

Saat ini kata dia, kasus harian covod-19 telah melandai karena dalam beberapa pekan dibawah 50 kasus. Begitupun tempat tidur ruang isolasi di 11 rumah sakit mulai longgar. Begitupun untuk ruang ICU.

“Covid-19 ada kecenderungan menurun kita di Balikpapan 11 rumah sakit yang menangani covid-19 dengan kapasiatasi 523 tempat tidur, tidak sampai 100 tempat tidur yang terpakai. ruang ICU nya ada 43 yang terisi 14 ,” ujarnya

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 itu menambahkan, kesibukkan juga akan meningkat mengingat Kaltim akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) baru dan Kota Balikpapan sebagai daetah penyangga Ibu Kota.

“Selamat bergabung di Kota Balikpapan dokter-dokter muda, mudah-mudahan nanti tingkat kesibukkannya bisa meningkat karena kita menyonsong pembangunan Ibu Kota Negara yang baru,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.