Pertamina RU V Innovation Project Series 5R Business Idea

Adu Kreatifitas Mahasiswa dan Pelajar Balikpapan dalam Pemanfaatan Kertas Bekas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Budaya ramah lingkungan dapat diwujukan dengan pemanfaatan kembali barang bekas. Salah satu barang bekas dimaksud adalah potongan kertas.

Melihat potensi pemanfaatan kembali kertas bekas, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menantang Mahasiswa dan Pelajar di Balikpapan untuk beradu ide dan kreatifitas dalam pemanfaatan kertas bekas.

“Kompetisi ini bertujuan untuk menemukan ide-ide unik dari para mahasiswa dan pelajar se Kota Balikpapan dalam memanfaatkan kembali kertas bekas,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin, Selasa (16/08/2022)

Kompetisi tersebut diberi nama Pertamina RU V Innovation Project Series 5R Business Idea. Kompetisi Innovation Project sendiri merupakan program rutin yang dilaksanakan PT KPI Unit Balikpapan setiap tahunnya.

Kompetisi tahun ini mengambil tema lingkungan yaitu 5R. “Salah satu R yang kami ambil adalah Recycle. Tantangan yang kami berikan adalah bagaimana mendaur ulang 100 karung kertas bekas menjadi barang yang bermanfaat. Kompetisi ini memasukkan kata bisnis yang berart peserta juga harus mempertimbangkan aspek ekonomi dalam implementasinya nanti, ” kata Chandra.

Setiap peserta menurut Chandra harus menampilkan ide-ide yang kreatif dan unik. “Peserta harus mempertimbangkan aspek lingkungan, ekonomi dan kemanfaatannya. Selain itu, ide yang disampaikan, harus diimplementasikan,” katanya.

Untuk mewujudkan idenya, pemenang nantinya akan mendapatkan pembiayaan untuk mengimplementasikan ide yang terpilih.

Peserta diharapkan dapat merancang ide dan kreatifitas untuk melakukan pengelolaan terhadap 100 karung kertas bekas yang sudah dipotong-potong. “Kompetisi kali ini tidak hanya berhenti di ide dan gagasan. Namun peserta yang nanti memenangkan kompetisi ini wajib mengimplementasikan ide tersebut dengan memanfaatkan sekitar 100 karung kertas bekas tersebut,” kata Chandra.

Baca juga ini :  Pertamina Luncurkan Mobile Oil Service, Tinggal Telepon, Oli Anda Diganti

Melalui kompetisi tersebut, Chandra mengharapkan para mahasiswa dan pelajar Kota Balikpapan semakin tertantang untuk melahirkan ide-ide unik dan memiliki nilai kemanfaatan.

“Peserta dapat melihat detil, syarat dan ketentuan lomba di IG pertamina_ru5. Ayo teman-teman mahasiswa dan pelajar Kota Balikpapan ikuti lomba ini dan wujudkan ide serta kreatifitasmu,” tutup Chandra.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.