Ratih Kusuma

Balikpapan Fest 2022 Resmi Dibuka, Dari Festival Musik, Fashion Show Hingga Kuliner

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Balikpapan Fest 2022 yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) resmi dibuka di Gedung BSSC Dome, Jumat (30/09/2022) malam.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma mengatakan, dalam Balikpapan Fest 2022 tersebut banyak kegiatan yang digelar.

“Kegiatan ini dirangkaikan yaitu Hari Pariwisata sedunia yang tepat jatuh 27 September 2022 dan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2022,” ujar Ratih.

Balikpapan Fest 2022 mengangkat tema “Nusantara Kita” yakni sejalan dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), dimana Kota Balikpapan sebagai daerah penyangga.

“Tujuannya membangkitkan kembali semangat kolaborasi diseluruh elemen masyarakat dalam mengangkat potensi pariwisata dengan memberikan wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif guna meningkat perekonomian di Kota Balikpapan,” terangnya.

Dalam Balikpapan Fest 2022 digelar festival musik dengan kategori pelajar dan umum. Lalu fashion show busana adat dan batik dengan menghadirkan desainer dari Balikpapan, Samarinda dan Bontang.

Kegiatan kuliner nusantara yaitu dari paguyuban Balikpapan dan UMKM serta kegiatan choir orkestra yaitu paduan suara dan tari yang di gelar di gedung Kesenian Balikpapan.

“Pesertanya baik dari Makassar, Polewali Mandar, Samarinda, , Tenggarong,” sebutnya.

‘Lalu kegiatan Barista Nusantara Championship yang diikuti baik tingkat Kota maupun Provinsi Kaltim dengan 71 peserta berlangsung dari 30 September hingga 2 Oktober 2022

“Barista Nusantara kegiatannya dilaksanakan di Plaza Balikpapan,” ujarnya.

Pembuatan Balikpapan Fest 2022 dibuka Deputi Bidang pengembangan Destinasi Pariwisata menparekraf Dadang Riski Ratman bersama Wali kota Balikpapan didampingi stakeholder. Kedua pejabat Deputi dan wali kota menggunakan alat musik Sampe khas Dayak membuka resmi Balikpapan Fest 2022 Nusantara Kita.

Baca juga ini :  Hidroponik, Bertani Tanpa Kotor, Diincar Swalayan

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.