Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan

Bandara Sepinggan Balikpapan Sempat Ditutup Sementara, Landasan Pacu Alami Keretakan Sepanjag 60 Cm

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com  – Landasan Pacu bandara Internasional Sepinggan Balikpapan mengalami keretakan khususnya pada area runway 07 sepanjang 60 centimeter.

Kondisi itu membuat PT Angkata Pura I Balikpapan sempat menutup sementara landasan pacu Bandara Sepinggan selama satu jam lebih, mulai pukul 16.00 Wita, Minggu (04/12/2022)

General Manager Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, Rika Danakusuma mengatakan, penutupan sementara tersebut sesuai dengan Notice to Airman (NOTAM) B2435/22

“Ketika NOTAM diterbitkan tim Bandara SAMS Sepinggan langsung melakukan perbaikan sehingga waktu perbaikan dapat selesai lebih cepat dari waktu yang telah di NOTAM-kan yakni pukul 17.10,” ujarnya

Dia menjelaskan, diketahui adanya keretakan pada landasan pacu tersebut, setelah dilakukan inpeksi. Kemudian langsung melakukan perbaikan pada titik keretakan landasan pacu.

“Pada saat pelaksanaan runway inspection pada pukul 15.30 Wita telah ditemukan titik retakan yang berada di area runway 07 sepanjang 60 centimeter,” ujarnya.

“Dengan adanya hal tersebut kami langsung melakukan tindakan cepat untuk melakukan perbaikan pada sisi yang terdampak,” sambungnya

Selama perbaikan berlangsung tedapat penerbangan 9 penerbangan yang mengalami keterlambatan. Yakni 5 penerbangan keberangkatan  dan 4 penerbangan kedatangan

Namun Rika Danakusuma memastikan bandara terbesar di Kalimatan itu telah kembali beroperasi mulai pukul 17.30 Wita.

Inpeksi landasan pacu dilakukan empat kali dalam sehari yakni pertama pada pukul 05.00 Wita sebelum jam operasional bandara, lalu pukul 10.00 Wita, pukul 15.00 Wita dan setelah penerbangan terakhir.

Hal itu dilakukan untuk memastikan kesiapan landasan pacu yang akan digunakan serta langkah antisipasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan baik yang disebabkan akibat cuaca dan lainnya selama jam operasional bandara berlangsung.

Comments

comments

Baca juga ini :  Tiba di Bandara Sepinggan, Satu Penumpang Diduga Terpapar Virus Corona

One comment

  1. Penerbangan yang dimaksud sebenarnya dialihkan terlebih dahulu ke Makassar dan Banjarmasin, ada juga yang putar balik kembali lagi.

    Sudah berkali-kali landasan bandara Sepinggan ini retak, berlubanglah, terkelupas pula, amblas juga.

    Penyebab nya pun tak pernah mau dirilis ke masyarakat. Padahal menyangkut keselamatan penumpang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.